Review Japan Movie: ReLIFE (2017). Kesempatan kembali ke Masa Muda.

by - Desember 15, 2019

Halo semuanya, Akhirnya blog ini update lagi. Ya Allah rasanya sudah lama banget gue ngga update, apalagi update tentang review film yang sudah gue tonton dalam hati gue berkata ke mana perginya semua keproduktifan gue dalam menulis. Padahal cukup banyak film yang sudah gue tonton terakhir sih Kim Ji Young, Born 1982 (mudah-mudahan ngga mager ya buat mereview film ini) dan yang lain diantaranya ada film Kramer vs Kramer, After the Rain, Blue valentine, Close Range Love, One Week a Friend dan lain-lain. Nah sekarang gue mau Review Japan Movie: ReLIFE (2017). Sebenarnya film ini sudah lama ada dalam daftar film yang ingin gue tonton karena gue melihat salah satu Insta Story teman gue dan baru gue tonton kemaren dan ceritanya cukup menarik yaitu tentang seseorang yang mengalami kegagalan di masa sekarang dan dikasih kesempatan buat balik ke 10 tahun silam oleh sebuah badan penelitian untuk bisa memperbaiki hidupnya.



SINOPSIS.

Kaizaki Arata (Taishi Nakagawa) adalah seorang NEET berusia 27 tahun, yang gagal di setiap kesempatan kerja. setiap kali pewawancara mendengar bahwa dia keluar dari pekerjaan pertamanya setelah hanya bekerja selama 5 bulan. Arata Kaizaki berharap dapat menjalani kehidupan normal, sekolah dengan nilai kelulusan standar, masuk kuliah, bekerja setelah lulus, kemudian menikah di usia 25, namun yang terjadi malah sebaliknya dia merasa gagal menjalani kehidupan.  Sampai suatu hari ketika pulang dari minum dengan temannya, ia ditawari oleh seorang pria misterius, Yoake Ryo (Yudai Chiba), untuk menjadi subjek ujian untuk Program Reintegrasi Sosial Laboratorium ReLIFE. Melalui pil yang akan membuatnya 10 tahun lebih muda, ia mendapat kesempatan untuk mengulang hidupnya. 

Arata awalnya menolak namun Yoake keras kepala dan memasukkan pil ReLIFE kedalam saku jas Arata. Sampai dipagi harinya Arata panik dengan perubahan diwajahnya yang kembali menjadi muda dan ternyata dia sudah meminum Pil pemberian Yoake tanpa sadar. Arata pun akhirnya menyetujui kerja sama dengan Yoake.

Dia berpartisipasi dalam percobaan dan memulai kembali masa SMA-nya, berteman dan jatuh cinta. Arata yang ingin menjadi bayang-bayang saja ternyata tidak bisa karena dia tidak bisa untuk tidak ikut campur terhadap orang disekitarnya  yaitu Hishiro Chizuru (Yuna Taira) , Ooga Kazuomi (Mahiro Takasugi) , Kariu Rena (Elaiza Ikeda) dan An Onoya (Sae Okazaki)..

REVIEW.

Setelah baca-baca beberapa review, gue jadi tahu kalau film ini tuh adaptasi dari Manga dan Anime yang telah lebih dulu ditayangkan. Karena gue ngga nonton Anime nya ataupun baca Manga nya gue sih merasa film ini bagus-bagus aja. Secara cerita menurut gue bagus banget, apalagi pas bagian Hishiro Chizuru juga adalah subyek dari program ReLIFE juga karena dari awal yang kita tahu subyek hanya Arata saja.  Nah dari baca-baca review juga gue jadi tahu kalau untuk para penggemar manga / anime kalo versi Live Action dari ReLIFE ini bosan dan mengecewakan.

Selain plot yang menarik namun ada beberapa kekurangan di film ini seperti kenapa ngga dijelasin dalam hal apa Arata berubah berdasarkan kehidupannya? Kita tidak cukup ditunjukkan diri sebelumnya atau wawasan yang cukup - melalui monolog, buku harian dll. Sebut saja - ke dalam jiwa batinnya untuk mengetahui bagaimana tepatnya pengalaman masa lalunya mengubahnya menjadi pria yang kecewa dan pahit. Lebih penting lagi, Arata mengubah teman-teman sekelasnya ... tetapi tidak diperlihatkan bagaimana dia berubah dari menjadi pria pasif menjadi teman aktif ini yang berusaha keras untuk membantu orang lain.
Transisi ini sangat canggung. Suatu hari dia pasif, hari berikutnya dia mulai membantu orang lain ... Yang menarik karena pada dasarnya kita kehilangan bagian terpenting: bagian yang menunjukkan bagaimana Arata berubah. Alih-alih, kami melihatnya mengubah orang lain, yang memang keren, tetapi bukan hal yang paling menarik dalam film ini.



Film ini sangat lambat di awal dan pengembangan karakter juga lambat. gue juga berharap film ini akan memberikan lebih banyak momen penyerahan karakter baik secara solo maupun sebagai kelompok.

Tapi kemudian film mulai mengembangkan romansa dan petualangan "kelompok teman" yang agak klise di mana mereka tumbuh bersama. Itu acara klise seperti festival sekolah dan melakukan perjalanan wisata. Gue menyukai karakter, terutama Kaizaki dan Hishiro, dan pilihan casting lainnya juga. Gue merasa bahwa mereka, karakter utama dan pendukung, dilakukan dengan baik dan sesuai dengan peran mereka dengan sempurna. Aktingnya sendiri sedikit kurang tetapi kecanggungan dan ketegangan baik-baik saja untuk film semacam ini.

Tapi akhirnya gue merasa agak pahit dan kosong. Ya, akhir film menyiratkan bahwa Kaizaki dan Hishiro akhirnya memicu ingatan mereka yang hilang yang akan menyebabkan mereka jatuh cinta lagi. Tapi gue berharap film akan memberi setidaknya 2 menit lagi bagi mereka untuk mengatakan sesuatu seperti, "Apakah kita pernah bertemu sebelumnya?" alih-alih mengatakan "Ummm ....".

Hal lain yang agak membuat kesal (ini sedikit kasar sekarang) adalah kenyataan bahwa Oga, Onoya dan Kariu tidak ingat bahwa Kaizaki-lah yang memberi mereka garis "Menghargai hadiah". Ya, itu adalah persyaratan program bahwa mereka melupakan dia dan Hishiro tapi gue benci bahwa kelompok itu bubar bahkan jika mereka memiliki perpisahan yang tepat. Tetapi kenyataan bahwa ingatan mereka tentang dia telah pergi dan yang tersisa bagi mereka hanyalah satu baris ... itu menyakitkan dan itu membuat frustrasi. Tapi filmnya masih bagus secara keseluruhan.


Pelajaran dari film: Kenangan akan memudar. Dari orang-orang, dari pengalaman baik atau buruk. Tetapi yang penting adalah Anda menikmati diri sendiri. Bahkan jika Anda tidak dapat mengingat orang yang mengatakan sesuatu kepada Anda yang memotivasi / mengubah Anda, itu tidak mengubah fakta bahwa itu memengaruhi Anda. Itu dampak yang tersisa, bukan detailnya.

Haizaki ingin meninggalkan sesuatu tentang dirinya, yang dia lakukan dalam bentuk kalimat "Hargai hadiah", tahu betul bahwa mereka tidak akan pernah bertemu. Tapi itu membuat tanda dan itu benar-benar yang terbaik yang bisa Anda harapkan.

Jadi, bahkan jika Anda tidak dapat mengingat secara spesifik ingatan yang baik di mana Anda menikmati diri sendiri dengan teman-teman, itu tidak mengurangi kesenangan yang Anda miliki. Itu tidak mencemari pengalaman yang Anda miliki. Yang penting adalah, pada titik waktu itu, Anda membuat kenangan untuk dihargai dan tinggal bersama Anda untuk mengingatkan Anda bahwa Anda menikmati diri sendiri. Apakah itu lengkap atau tidak lengkap. Kenangan akan memudar, tetapi dampaknya yang penting. Jadi buat pengalaman itu. Pengalaman yang akan bertahan seumur hidup Anda.

Buat yang kurang vitamin A, gue saranin nonton film ini. Castnya (Cowok/Cewek), cantik-cantik, ganteng-ganteng. Plotnya rapih, twistnya bagus. Untuk nilai gue kasih 8.5/10 .




You May Also Like

2 komentar

  1. yang suak lihat drama jepang atau film, kedua anakku

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe iya bu karena memang bagus-bagus film/drama Jepang tuh. Kalau ibu sukanya nonton apa?

      Hapus

Terima Kasih telah berkunjung ke blog saya, silahkan berkomentar dengan sopan.