Review Film Yesterday Once More (2016) : Kisah Tentang Persahabatan, Cinta dan Masa Depan.

by - April 28, 2019

Review kali ini masih seputar film, karena gue belum namatin satu drama pun dan lagi lebih seneng nonton film yang langsung habis daripada nonton drama yang episode nya sampai belasan bahkan puluhan. Mungkin gue lagi ada ditahap bosen nonton drama atau memang belum nemu drama yang pas lagi, adasih drama yang lagi gue tonton yaitu Meteor Garden 2018 itupun nontonnya masih jarang-jarang banget ngga tiap ada waktu luang nonton. Film yang akan gue review kali ini adalah salah satu Chinese Movie yaitu Yesterday Once More (2016), pas sekilas baca sinopsis gue pikir ini akan jadi cerita cinta anak sekolah seperti biasa tapi ternyata di dalamnya lebih dari itu yaitu berkisah tentang eratnya persahabatan, kisah cinta yang mereka jalin, peran orang tua dalam mendidik anak dan  gambaran masa depan yang ingin mereka raih.

Akhir-akhir ini gue lagi seneng banget nonton film-film Asia mulai dari China, Taiwan, Thailand dan tentu saja Korea. Berawal dari nonton drama China A Love So Beautiful (yang belum gue bikin reviewnya) yang awal nontonnya ogah-ogahan karena melihat episodenya yang panjang dan ini drama China bukan Korea seperti drama yang biasa gue tonton. Tapi setelah nonton drama China ini yang ternyata sangat manis gue jadi browsing tentang film-film Asia yang kira-kira rekomended lalu sampailah pada film China Our Times (Review Soon) dan At Cafe 6, film Thailand Teacher Diary dan May Who, dan film korea Hope dan Always. Yang ternyata film-film ini bagus banget, gue baru sadar bahwa film-film Asia juga ngga kalah bagus dari hollywood, kalau kalian punya rekomendasi film Asia yang bagus boleh lah kalian komen-komen di bawah. 

Poster Film Yesterday Once More

SINOPSIS.

Yesterday Once More mengisahkan tentang kisah-kasih di Yucai High School. Lin Tianjiao (Guo Shutong) adalah seorang murid perempuan yang sangat pintar dan multitalended. Ia selalu mendapat ranking satu di bidang akademik. Tak hanya pintar di bidang akademik kemampuan di bidang non akademiknya pun cemerlang terbukti dari puluhan piagam penghargaan yang ia dapat, gambaran masa depan yang cerah terlihat jelas di hidup Tianjiao. Kini ia berada di tingkat akhir SMA Yucai. Demi mendapatkan peringkat terbaik, suatu hari ia mencoba mencontek untuk pertama kalinya, namun nahas kertas contekannya jatuh tepat di depan sang guru.

Tianjiao panik, dan berpikir bahwa hidup dan reputasinya akan tamat pada saat itu. Tak disangka, Tianjiao diselamatkan oleh seorang murid yang tidak pintar dan bandel bernama Gao Xiang (Bai Jingting). Semenjak itu hidup Tianjio menjadi berubah. Dalam rangka membalas budi atas jasa Gao Xiang, Tianjiao memberikan uang tutup mulut agar dia tidak cerita kepada orang lain tapi  Gao Xiang bukan orang yang seperti itu dan sebagai gantinya ia meminta Tianjio mengerjakan PR milik Gao Xiang.

Awalnya Tianjiao sangat benci pada Gao Xiang dan malas berurusan dengan orang seperti Gao Xiang. Tianjiao merasa dia tidak bisa berteman dengan orang seperti Gao Xiang, orang yang tidak serius belajar, ke sekolah tapi tidak punya tujuan dan tidak memikirkan masa depan pokoknya berbalik seratus persen dengan dirinya yang sudah mempersiapkan masa depan secara matang. Tapi kita memang tidak tahu secara pasti kehidupan seseorang sampai kita benar-benar dekat dengannya.

Hingga suatu hari guru Qian (Alec Su) mengumumkan bahwa Gao Xiang adalah satu-satunya murid yang berhasil memecahkan soal Matematika paling sulit dari Guru Qian (maksud hati Tianjiao ingin memberi pelajaran pada Gao Xiang). Tapi ketika suruh maju ke depan, Gao Xiang sama sekali tidak bisa mengerjakannya, dan ia pun berinisiatif untuk mengakui bahwa Tianjao lah yang mengerjakan semua PR nya. Lalu muncullah gosip pacaran di antara mereka berdua, dan itu membuat Tianjiao marah.

Gosip pacaran antara Tianjiao dan Gao Xiang sangat cepat menyebar. Demi meredamkan gosip itu, Tianjiao menyusun rencana. Dalam rencana tersebut Tianjiao dibantu oleh sahabatnya Lu Tiantian (Wang Herun) dan Ou Xiaoyang (Ding Guansen), serta adiknya Lin Zi'ao (Hu Xianxu). Rencana itu mendatangkan sosok bernama Xiao Hua, pacar Gao Xiang yang tak terlihat namun terasa. Lalu apakah rencana Tianjiao akan berhasil atau justru malah membuatnya jatuh cinta sungguhan dengan Gao Xiang??.

HONEST REVIEW

Yesterday Once More menjadi salah satu film coming age favorite gue yang telat banget baru gue tonton. Tidak seperti kisah cinta yang terjadi di Sekolah pada umumnya film ini justru lebih menekankan pada artinya persahabatan, keluarga dan penemuan jati diri yang sering menjadi kegalauan para remaja. Justru kisah romancenya itu sedikit. Memiliki pesan moral yang sangat bagus, selagi masih ada kekuatan untuk berusaha dan kesempatan untuk memilih, maka pilihlah jalan yang positif yang sesuai dengan hal yang kau suka.

Salah satu scene favorite gue di film ini adalah ketika Huang Tao (Li Hongyi) seorang cowok pintar, populer dan tentunya berasal dari keluarga berada yang juga suka pada Tianjiao. Saat mengetahui Tianjiao dekat dengan Gao Xiang dia tidak terima dan berusaha memisahkan mereka. Dia bilang pada Gao Xiang kalau dia tidak pantas berada di sisi Tianjiao, lalu Gao Xiang dengan santai menjawab "Atas dasar apa kamu bilang seperti itu" lalu Huang Tao bilang kalau Gao Xiang di suruh ngaca kalau dia itu tidak pantas untuk Tianjiao dari segi manapun, dia tidak cocok. Dan jawaban Gao Xiang sungguh menyentuh "Tianjiao yang kamu kenal dan lihat itu adalah Tianjiao yang ingin dia perlihatkan pada dunia tapi apakah kau pernah bertanya langsung apa dia bahagia?"....Saat itu juga Huang Tao sadar kalau dia tidak mengenal Tianjiao sama sekali dan sudah sangat egois memaksakan perasaannya secara sepihak.

Yesterday Once More, Sebenarnya kisah film ini lumayan klise. Cewek pintar dan cantik suka dengan cowok paling nakal di Sekolah. Yang membedakan adalah, pemikiran masing-masing tentang target mereka di masa depan dan rencana untuk menggapainya. Anak yang terlihat berandalan seperti Gao Xiang pun tetap berusaha menggapai targetnya untuk terbang. Disini diperlihatkan bahwa setiap jalan yang ditempuh mungkin tidak mudah, tapi tetaplah berusaha. Tianjiao pun akhirnya memilih untuk melanjutkan studi astronomi dan menjadi agen NASA.

Untuk nilai gue kasih 9.5/10 untuk film yang sangat menghangatkan hati tentang persahabatan, mimpi, masa muda dan kasih sayang yang terluapkan indah di Yesterday Once More. Dan hal lain yang gue suka lagi dari film ini adalah cinematografi yang indah banget, kisahnya, musik yang mengisi film ini dan akting para pemain dan one of my favorite adalah akting Tianjiao, bagus banget sumpah cara dia akting dari yang sangat tidak perduli dan benci sama Gao Xiang sampai akhirnya dia sadar kalau Gao Xiang adalah orang yang penting dalam mengubah hidupnya.

Tidak hanya hubungan tentang percintaan, di film ini juga digambarkan tentang hubungan dengan orang tua, kakak adik, sahabat dan hubungan dengan orang asing. Kalau di film lain kalau tokoh utama wanita sedang sedih biasanya sang tokoh utama laki-laki yang datang menenangkan. Tapi di sini justru adik nya yang menghibur. Aku suka karena disini adiknya peka banget sama kakaknya. Ini memperlihatkan persaudaraan. Meski singkat tapi ngena banget. Dan sedikit mengingatkan ku pada adikku, merasa kalau selama ini aku terlalu cuek sama adik sampai ngga tahu hal-hal yang sudah dia alami. And last karena film ini aku jadi suka banget lagu Hey Jude The Beatles yang ternyata liriknya pas banget sama isi film Yesterday Once More (Kisah Tianjiao dan Gao Xiang) dan sebenarnya untuk siapapun sih yang sedang sedih dan merasa memikul beban berat  "Jangan memikul dunia di atas pundakmu, jadilah seperti apa yang kamu inginkan" Gao Xiang



Salah satu adegan dengan kalimat terfavorite




Ketika Tianjiao tanpa sengaja main ke Rumah Gao Xiang

Ketika Tianjiao menunjukan tentang Rasi Bintang


Terharu ketika kelas didekor 









You May Also Like

2 komentar

  1. cowoknya ganteng hehe...malah salfok
    aku belum pernah nonton film china, tapi baca review ini jadi tertarik

    BalasHapus
  2. Iya kak cowoknya emang manis banget...
    Hehehe boleh dicoba kak untuk permulaan, bagus deh ngga nyesel.

    BalasHapus

Terima Kasih telah berkunjung ke blog saya, silahkan berkomentar dengan sopan.