Arisan Ilmu Belajar Infografis (Kumpulan Emak2 Blogger)

by - April 03, 2019

Ketika membaca postingan grup Facebook Kumpulan Emak Blogger yang akan mengadakan arisan ilmu di Jakarta tanpa pikir panjang aku langsung daftar dan alhamdulillah ngga lama dapat email konfirmasi kalau terpilih jadi salah satu peserta. Awal ikut event  ini karena penasaran dengan seperti apa sih event yang diadakan oleh KEB karena sebelumnya aku sudah pernah ikut event yang diadakan oleh BPN. Bagi yang belum tahu KEB (Kelompok Emak2 Blogger) dan BPN (Blogger Perempuan Network) adalah salah satu komunitas blogger khusus perempuan yang cukup terkenal yang ada di Jakarta. Arisan ilmu kali ini kumpulan emak2 blogger mengusung tema belajar infografis dengan pembicara mbak Langit Amaravati seorang blogger sekaligus Graphic Designer.


Arisan ilmu kali ini lokasinya di kantor Kumparan yang terletak di Pasar Minggu Jakarta Selatan. Acara dimulai jam 09.00 tapi aku sampai tempat acara telat karena sedikit kesulitan mencari alamat kantor Kumparan yang dimaksud, padahal sebenarnya hanya sekitar 10 menit jika jalan kaki dari halte Jati Padang tapi karena tidak tahu dan salah turun di sebelah sisi kanan busway jadi muter-muter. 

Padahal jika perjalanan lancar, aku bisa sampai jam 09.30 tapi karena nyasar jadi jam 10.00 lewat baru sampai, jadi pas sampai di tempat aku udah capek duluan dan jadi ngga fokus sama materinya. Tapi akan aku jabarin sedikit gambaran apa itu infografis dan keseruan acara selama di sana, tapi aku belum sempat praktek bikin infografis jadi ngga bisa share contohnya hehehe.

Infografis adalah suatu bentuk penyajian data dengan konsep visual yang terdiri dari teks dengan tambahan gambar-gambar ilustrasi yang menarik. Proses pembuatan infografis biasa disebut dengan beberapa istilah yang berbeda seperti data visualization, information design dan information architecture.
Secara umum hasil akhir dari sebuah infografis mempunyai prosentase gambar visual yang lebih banyak dibandingkan informasi teks.
Infografis memberikan banyak manfaat yang tidak dimiliki oleh penyajian data secara konvensional. Sejak zaman dahulu otak manusia sudah sangat terbiasa dengan sajian informasi dalam bentuk visual. Hal ini juga bisa dibuktikan dari peninggalan-peninggalan masa pra sejarah berupa lukisan-lukisan yang dibuat sebagai salah satu sarana komunikasi.
Menurut mbak Langit Amaravati atau yang akrab dipanggil mbak Uchan ini, banyak orang yang seringkali salah pengertian bahwa ilustrasi sama dengan infografis, padahal tidak ada informasi didalamnya.
Acara arisan ilmu diselenggarakan selama kurang lebih tiga jam untuk belajar infografis sekaligus praktek. Selain belajar acara arisan ilmu juga ada sesi seru-seruan seperti diadakannya kuis dan dua pemenang kali ini diambil berdasarkan siapa yang datang paling pertama dan siapa yang datang paling jauh tentunya dengan hadiah yang menarik. 
Kita juga mendapat makan siang gratis dari Kumparan untuk sesi coffe break sendiri masing-masing anggota kumpulan emak2 blogger membawa bekal dan itu banyak banget mulai dari buah, roti goreng, donat, gorengan dan masih banyak lagi. Dan baiknya lagi karena snack dari coffe break tersebut masih banyak para peserta boleh membawa pulang snack tersebut.  Di bawah  adalah foto-foto keseruan selama acara dan semua fotonya dokumentasi dari Kumpulan Emak2 Blogger x Kumparan. 




Pemenang kuis juara kedua hadiah bantal

Pemenang kuis pertama hadiah buku


Mbak Mira Sahid (Founder KEB)







Makasih buat kumpulan emak2 blogger yang sudah kasih aku kesempatan buat hadir di acara Arisan Ilmu tentang infografis ini, mudah-mudahan aku bisa praktekin ilmunya dan bikin tambah semangat ngeblog.  Mudah-mudahan juga kita bisa bertemu kembali di lain acara. See You.

You May Also Like

2 komentar

  1. Ah, bikin iri deh, mbak. Ilmunya bergizi, ya.

    Kalau saya bikin infografis cuma pakai template dari canva. Itu pun masih aduhai hasilnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. aduuh mbak diah ngga usah iri hehe,
      aku kebetulan bisa hadir ikut event nya tapi kalau masalah praktek pakai canva pun belum ku coba. Jadi aku yang kalah rajin sama mbak diah huhu

      Hapus

Terima Kasih telah berkunjung ke blog saya, silahkan berkomentar dengan sopan.