Review Drama Korea Sky Castle (2018), Realita Kejamnya Dunia Pendidikan di Korsel.

by - Maret 10, 2019

Akhirnya kelar juga nonton drama korea Sky Castle yang kemarin nge-hits banget itu, sengaja ngga nonton pas masih on-going karena emang ga bisa nonton drama on going padahal udah penasaran banget tapi gue tahan. Dan setelah khatam nonton gue ingin segera nulis reviewnya di blog, Jadi Sky Castle ini benar-benar gambarin kejamnya dunia pendidikan di Korea Selatan yang tentunya bagi gue masih relevan juga dengan sistem pendidikan di Indonesia.

Poster Drama Sky Castle

Sinopsis.

Sky Castle bercerita tentang kehidupan 4 wanita yang sedang hidup di "Sky Castle". Mereka mencoba untuk membuat suaminya lebih sukses dan membesarkan pangeran dan tuan putrinya.

Han Seo Jin (Yum Jung Ah) menikah dengan dokter orthopedic Kang Joon Sang (Jung Joon Ho). Mereka mempunyai dua putri. Han Seo Jin terlihat memiliki kehidupan yang sempurna dan diimpikan semua orang, namun ternyata dia punya rahasia.

Lee Soo Im (Lee Tae Ran) adalah penulis buku anak. Dia menahan dalam kasih sayangnya dan lebih terpengaruh pertimbangan orang lain. Lee Soo Im menikah dengan Hwang Chi Young (Choi Won Young). Mereka memiliki seorang anak lelaki.

No Seung Hye ( Yoon Se Ah) menikah dengan profesor di sekolah hukum, Cha Min Hyuk (Kim Byung Cyul). Suaminya berbicara tentang keadilan dan kebahagiaan, namun dia menyembunyikan apa yang terjadi diantara mereka. Mereka mempunyai tiga orang anak, satu anak perempuan dan dua anak laki-laki.

Jin Jin He (Oh Na Ra) datang dari keluarga kaya, ayahnya memiliki bangunan. Jin Jin He mengagumi Han Seo Jin dan berusaha untuk meniru apa yang telah dia lakukan, termasuk dalam hal pendidikan anak. Menikah dengan dokter bedah orthopedic Woo Yang Woo (Jo Jae Yun). Memiliki satu anak laki-laki.

Honest Review

Gue akan mencoba review mulai dari keluarga favorit gue, karakter-karakter favorit gue dan bagian lain yang sangat gue suka dari drama ini.

Keluarga Lee Sue Im dan Hwang Chi Young

Keluarga Lee Sue Im dan Hwang Chi Young

Keluarga paling favorite. Bisa dibilang keluarga Hwang Woo Joo (Kang Chan Hee) adalah keluarga yang paling "normal' diantara keluarga sky castle yang lain. Woo Joo beruntung mempunyai keluarga yang harmonis dan tidak memaksanya untuk menjadi "siapa" tapi mendukungnya atas apa yang Woo Joo kerjakan. 

Tapi dibalik semua itu ternyata Woo Joo mempunyai masalah yang ia pendam sendiri yaitu pernah merasakan sakitnya kehilangan orang yang dia sayang yaitu ibunya. Iya jadi Lee Sue Im bukanlah ibu kandung Woo Joo, tapi meski begitu dia bukanlah ibu tiri yang jahat seperti gambaran ibu tiri lainnya. Dia begitu sayang ke Woo Joo layaknya anak kandung dan mendukung apa yang Woo Joo cita-citakan.






Keluarga No Seung Hye dan Cha Min Hyuk

keluarga No Seung Hye dan Cha Min Hyuk

Cha Seo Joon (Kim Dong Hee), Cha Ki Joon (Joe Byeong Gyu), dan Cha Se Ri (Park Yoo Na) mempunyai ayah yang sangat keras kepala dan selalu merasa dirinya benar. Sangat mengutamakan pendidikan tapi cara mendidiknya salah jadi cenderung memaksa sehingga anak-anak hanya belajar karena terpaksa bukan atas kemauan sendiri. 

Karena hal ini pulalah Cha Se Ri sampai berbohong kalau dirinya kuliah di Universitas Harvard, karena dia berpikir dengan begitu dia bisa membanggakan orang tuanya. Tapi akhirnya dia sadar kalau dia hidup bukan untuk jadi ''piala" orang tuanya yang bisa dipamerkan ke orang lain, akhirnya dia ketahuan dan bertanggung jawab atas semua perbuataannya. 

No Seung Hye

No Seung Hye adalah karakter ibu favorit gue. Dia ini adalah wanita yang cantik, pintar, berasal dari keluarga terpandang tapi dia merelakan semua mimpinya agar dia bisa menjadi ibu yang baik buat anak-anaknya. Dan terjebak dalam budaya patriarki.

Cara dia mendidik anak-anak begitu baik, sebagai orang yang terpelajar tentu dia juga ingin anak-anaknya pintar dan dia sangat tidak setuju dengan sistem belajar yang dilakukan suaminya pada anak-anak dan mengusulkan belajar dengan sistem dia tapi apalah daya sang suami selalu menentang.

Ibu yang selalu mendengarkan pendapat anak-anak, tidak memaksakan kehendak, sehingga anak-anak pun bisa akrab seperti ke teman sendiri tanpa kehilangan rasa hormatnya sebagai ibu.





Keluarga  Han Seo Jin dan Kang Joon Sang.

Keluarga Han Seo Jin dan Kang Joon Sang

Kang Ye Seo (Kim Hye Yoon) dan Kang Ye Bin (Lee Ji Won), mempunyai ayah yang bisa cuek terhadap anak-anaknya dan cenderung menyerahkan semua urusan terhadap istrinya bahkan untuk urusan pendidikan. Lahir dari keluarga kaya dan mudah mendapatkan apapun yang dia inginkan membuat dia jadi kurang perduli terhadap sekitar. Padahal dalam hatinya dia merasa hampa karena apa-apa yang telah ia capai adalah karena berkat bantuan ibunya dan bukan karena apa yang ia ingin raih.

Han Seo Jin adalah seorang ibu yang ambisius dan merasa apapun harus sempurna dan yang ia ingin raih harus berhasil. Dia sangat memanjakan Ye Seo dan mendukung apapun yang Ye Seo lakukan terlebih Ye Seo memang anak yang pintar jadi sejalan dengan kemauan ibunya. Berbeda dengan adiknya Ye Bin yang sering protes dan ngga nurut kalau disuruh belajar padahal Ye Bin juga bukan anak yang bodoh hanya saja anaknya memang kritis.







Keluarga Jin Jin Hee dan Woo Yang Woo

Keluarga Jin Jin He dan Woo Yang Woo

Keluarga Jin Hee dan Yang Woo adalah keluarga yang paling damai di Sky Castle,  keluarga ini ngga punya masalah dan perannya di drama adalah biar ngga tegang-tegang amat ini drama jadi ditambah satu keluarga dengan karakter lucu dan tenang. Yang jadi masalah adalah anak mereka yaitu Woo Soo Han (Lee Yoo Jin) yang sudah tidak terlalu pintar tapi susah sekali disuruh belajar.

Dan itu membuat Jin Hee kewalahan padahal Soo Han yang susah belajar ini sebenernya menurun dari sifat ibunya yang lemot. Dan Jin Hee tipe ibu yang doyan banget gosip dan tahu tentang update-update terbaru tentang tetangganya, kalau satu kena masalah dia mihak yang satu lagi, begitu terus sebaliknya. Lalu suaminya bilang ''Jin Hee kamu cantik banget dari dulu sampai sekarang dan ngga kurang suatu apapun, tapi kurangnya kamu satu yaitu plinplan''.





Pemeran lain yang penting juga tapi tidak tergabung dalam keluarga Sky Castle.

Kim Hye Na (Kim Bo Ra)

Kim Hye Na

Kim Hye Na merupakan anak yang pintar dan kehidupannya cukup menderita. Meskipun mampu bersekolah di SMA favorite sebenernya keadaan dia tidak baik-baik saja, disaat anak lain fokus belajar dan menikmati masa mudanya Hyena harus bekerja part time dan merawat ibunya yang sakit.

Puncaknya pas ibunya meninggal dia benar-benar merasa sedih dan sendirian di dunia ini. Tapi ibunya meninggalkan pesan yang cukup membuat Hyena terkejut bahwa dia sebenernya anak dari Kang Joon Sang alias saudara tiri Kang Ye Seo yang selama menjadi rivalnya di sekolah.

Ketika akhirnya bisa tinggal di rumah Ye Seo dia merasa ini adalah kesempatannya untuk membalas perbuatan Ye Seo dan ibunya yang merasa telah merebut apa yang seharusnya menjadi milik Hyena.

Sebenernya Hyena cukup beruntung dengan keadaan dia yang begitu meskipun dia tidak mempunyai keluarga yang utuh tapi dia mempunyai wajah yang cantik, pintar, pandai bergaul sehingga disenangi teman-teman sekolahnya pokoknya sifatnya berbanding lurus dengan Ye Seo yang egois dan taunya cuma belajar. 

Seandainya Hyena mau sedikit bersyukur pasti keadaan akan lebih baik tapi sayangnya sebaliknya, Hyena ini tipe anak yang berani dan tidak takut apapun bahkan sama orang tua (Ibu Ye Seo) pun berani tapi beraninya kelewatan jadi jatuhnya nantang.


Kim Joo Young (Kim Seo Hyung)

Kim Joo Young

Kim Joo Young merupakan akar masalah yang terjadi di Sky Castle. Dia ingin menghancurkan keluarga yang menjadi murid lesnya dan terus mengadu domba sana-sini. Sebenarnya dia tahu kalau yang dia lakukan salah, dan dia benci sama orang tua yang menganggap anak sebagai alat balas dendam dan untuk dipamer-pamerin.

Semua itu dia lakukan karena masa lalunya yang kelam dan dia ingin membalasa dendam atas apa yang dia rasakan selama ini.

Kisah Cinta.

Meskipun bagian percintaannya tidak banyak namun kisah cinta anak-anak mereka yang ditampilkan cukup rumit, Yaitu Ye Seo yang menyukai Woo Joo tapi Woo Joo yang dengan jelas sekali menyukai Hyena.

Lalu suatu hari Hyena mencium Woo Joo tepat didepan Ye Seo, sebenarnya dia ga punya perasaan apa-apa ke Woo Joo tapi dia melakukan itu hanya untuk membuat Ye Seo cemburu.

Dengan tegas Hyena bilang ''kenapa kamu menyukai aku" dan Woo Joo menjawab "bagaimana kamu tahu" dan Hyena jawab "mana mungkin aku ngga tahu karena sudah jelas begitu" lalu Woo Joo hanya tersenyum malu......



Nilai

Sky Castle merupakan Kdrama yang sangat layak mendapat rating tinggi. Menarik dan penuh kejutan, alur cerita sky castle yang anti mainstream buat tiap episode bikin penasaran. Benar-benar banyak pelajaran hidup yang bisa diambil.

Konsep "We All Lie" yang sesuai dengan soundtracknya bener-bener pas banget gambarin tiap-tiap keluarga yang menyimpan kebohongan, episode akhir yang benar-benar menyentuh dan menjawab semua permasalahan. Kdrama yang bagus ditonton oleh orang tua, calon orang tua atau anak yang sedang berpikir untuk mengejar mimpi, apakah yang kalian kejar itu impian sendiri atau impian orang tua?

Untuk nilai gue kasih 10/10, karena memang sebagus itu Wortit to Watch and Highly Recomended.










duh Chani gemes bgt :)





You May Also Like

0 komentar

Terima Kasih telah berkunjung ke blog saya, silahkan berkomentar dengan sopan.