Review FSS [For Skin's Sake] Retinol Serum Concentrate

by - Agustus 30, 2021

Hai semuanya balik lagi nih sama aku, kali ini aku mau mereview produk skincare lagi dan produk yang akan aku cobain ini sedikit baru buat aku yaitu serum yang mengandung retinol. Sebenarnya kulit aku ini ngga terlalu bermasalah, jenis kulit aku normal cenderung kering makanya untuk produk skincare aku lebih sering cari produk yang untuk melembabkan. Ketika mencoba jenis skincare baru aku juga biasanya ngga ada masalah, maka dari itu aku penasaran sama serum yang mengandung retinol. Yasudah kita langsung review saja FSS [For Skin’s Sake] Retinol Serum Concentrate

review FSS[For Skin's Sake] Retinol Serum Concentrate


Apa Itu Retinol?

Sedikit pembahasan mengenai ap itu retinol. Retinol merupakan turunan sintetik dari Vitamin A. Awalnya retinol ini hanya digunakan sebagai obat jerawat tapi kemudian para peneliti menemukan fungsi lain dari retinol yakni sebagai anti-aging. Retinol disebut dapat merangsang produksi kolagen, mengatasi hiperpigmentasi, mempercepat pembaruan sel kulit mati, dan membuat kulit lebih halus serta tidak bertekstur. Gejala psoriasis dapat diatasi dengan retinol. Selain itu, retinol juga mampu mengatasi milia.

Tapi dibalik kemanfaatannya retinol punya efek samping yang bisa membuat kulit kering dan iritasi. Penggunaan retinol juga dapat menyebabkan kuit lebih sensitif terhadap sinar matahari, dan kulit jadi kemerahan, bengkak dan melepuh. Jadi biasanya produk-produk yang mengandung retinol dipakai hanya pada malam hari. Beberapa juga ada yang dipakai 2-3 kali seminggu. Selain itu, retinol sangat tidak  direkomendasikan untuk dipakai ibu hamil karena dapat mengganggu perkembangan janin. Nah, retinol ini juga tidak bisa dipakai bersamaan dalam satu rangkaian skincare dengan produk berbahan AHA [Alpha Hydroxy Acid] dan BHA [Beta Hydroxy Acid] yang biasanya ada dalam produk exfoliator.

Packaging

Kemasan produk FSS [For Skin’s Sake] Retinol Serum Concentrate ini menggunakan botol kaca gelap dengan kemasan 3O ml. Ini bagus untuk melindungi si produk agar tidak mudah terpapar sinar matahari. Di bagian botol terdapat keterangan expired date, cara penyimpanan dan klaim atau deskripsi.

Tutupnya cukup erat dan langsung tersambung dengan pipet yang bertujuan untuk mengambil serum-nya sendiri, adanya pipet ini tentu membuat serum aman dari kontaminasi tangan sehingga membuat serum sini hygienic sekali. Tetapi, lubang dari pipet ini sangat besar dan tidak ada penyaringnya lagi, jadi hati-hati tertumpah ya.

Di luar botol kaca ini masih dibungkus dengan kotak karton dengan warna dasar merah bata dan warna kuning muda. Di kotaknya, kita bisa menemukan informasi tentang produk ini. Mulai dari ingredients, tempat produksi, klaim, cara pemakaian, cara penyimpanan dan info lainnya. Aku pribadi sangat menyukai packaging si serum ini dan ngga ada masalah sama sekali karena sangat kokoh. Di bagian kotak kartonnya juga terdapat tagline dari brand ini yaitu “Dare to Begin”.





Klaim/Deskripsi

For Skin’s Sake Retinol diklaim dapat meningkatkan pergantian kulit untuk mendapatkan tampilan wajah lebih awet muda. Cocok untuk segala jenis kulit yang mampu menggantikan sel kulit mati dengan sel yang baru, mengatasi garis halus, menghaluskan kulit, dan meratakan warna kulit. Serum ini diperkaya Hylarunic Acid, Vitamin E, dan Jojoba Oil.

-Menghilangkan garis-garis halus

-Menyamakan ketidakseimbangan tekstur

-Memproduksi kolagen

-Hyperpigmentation

Retinol is a derivative of Vitamin A, it works by prompting skin cell to turn over and die rapidly, making way for new cells growth underneath.

Retinol adalah turunan dari vitamin A, ia bekerja dengan mendorong sel kulit untuk membalik dan mati dengan cepat, memberi jalan bagi pertumbuhan sel baru di bawahnya.

Ingredients

Aqua, Cassia Angustifolia Seed Extract, Hamamelis Virginiana Water, Glycerin, Aloe Barbadensis Leaf Juice, Triticum Vulgare Germ Oil, Simmondsia Chinensis Seed Oil, Retinol, Tocopheryl Acetate, Camellia Sinensis Leaf Extract, Propolis Extraxct, Centella Asiatica Extract, Equisetum Arvense Extract, Geranium Maculatum Extract, Taraxacum Officinale Extract, Pentylene Glycol, Hydroxyethyl Ethylcellulose, Carrageenan, Polysorbate 2O, Potassium Sorbate, Sodium Benzoate, Alcohol, Lecithin, Ethylhexylglycerin.

*No Paraben

* No Animal Testing

*No Added Frangrance

Tekstur dan Aroma

FSS [For Skin’s Sake] Retinol Serum Concentrate ini memiliki tekstur yang agak kental dibandingkan serum pada umumnya. Dengan warna kuning muda. Dengan tekstur yang cukup light ini membuat FSS [For Skin’s Sake] Retinol Serum  menjadi cepat menyerap di kulit.

Aroma dari dari FSS [For Skin’s Sake] Retinol Serum ini layaknya wangi retinol pada umumnya karena dia tidak menggunakan pewangi ya. Sejauh aku menggunakan serum ini, bagi aku wanginya tidak masalah sama sekali walaupun lumayan tercium baunya.

Cara Pemakaian

Serum digunakan di kulit wajah yang bersih jadi pastikan kalian telah mencuci muka terlebih dahulu sebelum memakai serum sehingga nutrisinya bisa langsung masuk ke kulit. Karena aku menggunakan toner, aku akan memakai serum setelah toner dan essence. Dengan meneteskan 2-3 tetes serum langsung ke kulit bagian dahi, pipi dan dagu. Lalu ditepuk-tepuk dengan tangan sampai semuanya meresap.

Urutan pemakaiannya: Cleansing {cuci muka dengan facial wash}, > toner >  Essence >FSS [For Skin’s Sake] Retinol Serum > Pelembab >.

How To Use

Apply 2-3 drops and massage into skin. Allow the serum to sink in few seconds before applying your other skin regimen. Time of Use: Night. Best For: All Skin Types.

REVIEW

Jujur, awalnya aku termasuk yang takut menggunakan retinol. First impression, semuanya berjalan smooth, no stingling sensation, no redness or burning effect. Bahkan cenderung lebih melembabkan di kulit. Ketika kita menggunakan retinol berarti kulit kita sedang melakukan exercise, dan kita tidak membutuhkan exercise yang lain. Dan walaupun cara kerjanya berbeda dengan exfoliant, another exercise doesn’t necessary.

Aku suka banget formulasi dari serum ini, enteng dan ngga makan waktu untuk melakukan step skincare routine selanjutnya. Setelah dipakai sebulan aku notice kulit aku jadi lebih lembab dan pori-pori tersamarkan. Krimnya yang occlusive aku pakai 2 hari sekali ketika malam, dan bikin wajah lebih cerah ketika bangun pagi.





You May Also Like

4 komentar

  1. lagi suka banget nih sama retinol, jadi penasaran sama si fss punya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai kak Farah, iya nih kak ayoo cobain fss retinol serum..worth it sih menurut aku buat yang mau cobain retinol for the first time.

      Hapus

Terima Kasih telah berkunjung ke blog saya, silahkan berkomentar dengan sopan.