Resep Donat Kentang yang Enak dan Lembut Banget (Tahan sampai 3-4 hari)

by - Oktober 31, 2020

Untuk mengisi long weekend libur Maulid Nabi Muhammad SAW yang jatuh pada tanggal 28-30 Oktober 2020, karena tidak pulang kampung aku mengisinya dengan kegiatan lain yaitu belajar baking di salah satu rumah teman (Mba Zakia). Dan namanya baru belajar tentu aku masih kaku banget bahkan untuk sekedar nimbang tepung, dan sepertinya jika aku benar-benar "dilepas" untuk buat Donat Kentang sendiri belum bisa (berhasil) dalam satu kali percobaan, tapi tenang karena kemarin aku didampingi professional (cielah professional) karena memang Mba Zakia sudah terbiasa baking buat pesanan acara-acara atau open order kalau Mba Zakia pengin (jualan). Jadi resep yang aku bagikan ini memang sudah aku buktikan dan berhasil untuk buat donat kentang yang empuk dan lembut banget tahan sampai 3-4 hari. Kemarin pas belajar buat Donat aku menyadari kalau baking tuh berbeda banget dengan memasak, kalau masak meskipun ada resep kita ngga harus "plek" banget ikutin resep untuk takaran bumbu dan bahan tapi masalah rasa masih bisa enak dan berhasil. Tapi kalau baking ngga bisa sembarang kita masukin bahan yang tidak sesuai takaran resep karena bisa gagal, entah itu adonan bantet, ngga mengembang dan lain-lain. Seperti Mba Zakia bilang,  untuk itu dalam hal baking rasanya semuanya pernah gagal dulu sebelum akhirnya benar-benar bisa berhasil setelah beberapa kali percobaan, karena setelah beberapa kali mencoba jadi tahu kurangnya di mana sih, apa aku terlalu banyak nambahin air atau garam yang aku kasih terlalu sedikit atau cara aku mencampur bahan ada yang salah dan lain-lain. Dan setelah ini tentunya aku pengin benar-benar belajar dan praktek bikin donat kentang sendiri untuk mengukur kemampuan, tahu letak salahnya dan sampai benar-benar berhasil.





Resep Donat Kentang

250 gram tepung terigu protein tinggi

100 gram kentang kukus, haluskan

40 gram gula pasir

25 gram susu bubuk

Kuning telur 2 (lebih empuk)

1 sendok teh fermipan

Garam 3 gram

Mentega 30 gram

Air Dingin secukupnya

Minyak Goreng

Topping Sesuai Selera (Coklat, Meses, Gula Putih Halus, Cream Cappucino)























Cara Membuat 

1. Masukkan tepung terigu, gula pasir, susu bubuk, dan fermipan campur hingga merata.




2. Lalu masukkan kuning telor, kentang yang sudah dikukus mixer adonan hingga setengah kalis

3. Lalu masukkan mentega dan garam mixer hingga adonan kalis

4. Diamkan adonan dan tutup dengan lap bersih sampai adonan mengembang

5. Setelah adonan mengembang bagi beberapa adonan lalu bulatkan dan lubangi tengahnya (bisa pakai cetakan) 



6. Diamkan kembali adonan yang sudah kita bentuk tadi dan tutup dengan lap sampai mengembang

7. Panaskan minyak goreng dengan kecil ke besar apinya, balik satu kali hingga kecoklatan, angkat dan tiriskan

Resep di atas bisa jadi 18 buah donat kentang. Selamat mencoba.

You May Also Like

0 komentar

Terima Kasih telah berkunjung ke blog saya, silahkan berkomentar dengan sopan.