Review Drama Korea Wise Prison Life (2017) : Kehidupan Penjara yang Indah.

by - Februari 03, 2019

Sudah lama sekali gue memasukkan drama wise prison life sebagai drama yang ingin gue tonton dan baru kesampaian akhir tahun 2018 kemarin gue tonton. Dan kali ini gue mau kasih sedikit review dari drama korea wise prison life. Dari judulnya tentu sudah terlihat drama ini tentang apa, memang drama ini berkisah tentang kehidupan para penjahat di penjara yang terkesan seram tapi pas gue tonton kehidupan penjara ternyata semenyenangkan ini dan lucu. Drama ini dari luar terlihat "dark" tapi dalemnya justru "soft" banget.





Sinopsis.

Drama ini bercerita tentang kehidupan di penjara dan menceritakan penyebab masing-masing napi masuk penjara pada setiap karakternya. Dengan satu tokoh utama Kim Je Hyeok yang merupakan atlet baseball terkenal di Korea, yang harus dijebloskan ke penjara karena telah melakukan penyerangan pada pelaku yang ingin memperkosa adiknya, sehingga menyebabkan pelaku tersebut koma dan di rawat di rumah sakit. Meskipun harus mendekam di penjara, tapi Kim Je Hyeok bertemu dengan geng napi "ajaib" yang bikin jatuh cinta dan dari sinilah cerita tentang kehidupan penjaranya di mulai.

Sebelumnya gue kenalin dulu para pemain Wise Prison Playbook, pemainnya sendiri banyak banget karena emang pemain datang dan pergi silih berganti tergantung kisah napi itu sendiri.

Full Cast Wise Prison Life.

Nah disini gue akan bahas karakter yang menjadi main cast aja dan kehadirannya dari eps 1-16 itu sering.

Karakter.

1. Kim Je Hyeok

Park Hae Soo aka Kim Je Hyeok


Seorang atlet baseball yang mahir sekali bermain baseball tapi bego dalam segala hal termasuk urusan percintaan. Karakter paling bijak dalam Wise Prison Life, suka membaca buku selama di penjara dan tetap berlatih baseball agar selepas keluar penjara tetap bisa bermain baseball. Satu-satunya penghuni penjara yang membaca semua kitab dari segala agama, termasuk Al-Quran yang disebut olehnya "Conan".

2. Lee Joon Ho

Jung Kyung Ho aka Lee Joon Ho

Lee Joon Ho ini adalah sahabatnya Kim Je Hyeok sejak mereka masih muda dulu saat keduanya sama-sama masih belajar jadi pemain baseball. Keduanya dipertemukan kembali di penjara, Lee Joon Ho bekerja di penjara menjadi seorang sipir yang kebetulan ditempati oleh Je Hyeok. 

Kebalikan dari Kim Je Hyeok yang hanya pandai di baseball saja Lee Joon Ho justru bisa dalam segala hal bahkan baseball sekalipun tapi dia memilih mundur karena kalah pamornya denga Je Hyeok,. Dia juga pernah berhasil membuat aplikasi dan akhirnya di jual ke sebuah perusahaan dan sekarang jadi seorang polisi. Pintar dan sangat menyayangi sahabat kecilnya. Sifatnya keras kepala dan overprotective.

3. Kim Min Chul

Choi Moo Sung aka Kim Min Chul

Kim Min Chul Merupakan ketua di sel yang ditempati oleh Kim Je Hyeok. Wajahnya yang seram dan badannya yang penuh dengan tato membuat kesan seram dan membuat orang yang melihatnya takut, padahal aslinya orangnya lembut, perhatian dan baik hati banget. 

Kim Min Chul merupakan ketua gangster dan masuk penjara karena kasus pembunuhan dan di jatuhi hukuman seumur hidup awalnya, tapi kemudian hukumannya diturunkan jadi 25 tahun penjara. Kim Min Chul juga merupakan salah satu napi yang sudah mendekam dipenjara paling lama yaitu 22 tahun, jadi dia benar-benar ngga tahu apa yang terjadi dengan dunia luar seperti sudah adanya bisnis makanan food truck, bioskop 3D dan lain-lain.

4. Kaist

Park Ho San aka Kaist

Kaist dipenjara karena berjudi. Dia ini adalah teknisian yang handal dan tamatan universitas ternama, kalau di sini mungkin sama dengan ITB-nya KorSel. Walaupun berwajah ganas, dia ini termasuk happy virus di sel 2-6. Dengan cadelnya yang khas, dia yang paling sering bikin ngakak dengan cara ngomongnya yang lucu. 

Dan dia ini termasuk playboy kelas kakap bahkan sudah menikah sebanyak 6 kali, ketika di penjara pun dia tetap menemukan cinta dan pacaran. Pacarnya pun sering membantunya untuk mensupply rokok dan tentunya oleh Kaist dijual-belikan. Meskipun kelihatannya kehidupannya baik-baik saja tapi sebenarnya dia punya anak yang sakit kanker dan parahnya lagi sang anak ngga mau mengakui Kaist sebagai ayah karena dia sudah selingkuh dan meninggalkan dia dengan ibunya.

5. Jean Valjean

Kang Seung Yoon aka Jean Valjean

Setelah nonton drama ini gue baru 'ngeh' kalau dia ini salah satu member group winner. Jean Valjean dipenjara karena alasan sepele yaitu mencuri roti. Tentunya ngga dengan jumlah sedikit, melainkan satu mobil truk sekaligus. Dia ini merupakan maknae di sel 2-6 dan deket banget sama Kim Min Chul, saking deketnya udah kaya bapak sama anak. Karen itulah Jean Valjean sering manggil Kim Min Chul dengan sebutan Aboeji atau ayah. 

Dia bebas ngga lama setelah Je Hyeok masuk ke sel ini. Sebelum keluar penjara dia berjanji akan datang berkunjung untuk menjenguk Kim Min Chul karena memang selama ini hanya Kim Min Chul lah di sel itu yang tidak pernah dapat pengunjung. Tapi Kim Min Chul bilang "ngga usah datang menjenguk gapapa nikmati saja masa mudamu dan lakukan hal-hal yang positif dan awas saja kalau sampai kau masuk ke penjara lagi". Tapi Jean Valjean benar-benar datang menepati janjinya menjenguk Min Chul yang membuat semua orang penasaran karena akhirnya Min Chul punya pengunjung.

6. Dr. Go (Gobaksa)

Jung Min Sung aka Dr Go

Dr.Go dipenjara karena alasan yang menyedihkan, berkorban demi atasannya yang menggelapkan uang. Demi perusahaannya, dengan bodohnya dia dibodohi oleh atasannya dengan iming-iming gaji akan dilipatgandakan. Dr Go bisa dibilang orang yang paling waras di sel itu. Orangnya kritis banget. Dia sering banget mengajukan petisi untuk hal-hal sepele. Dengan buku pasal-pasal hukum ditangannya, dia selalu "mengancam" orang-orang dengan pasal-pasal itu. Gobaksa teman karib Kim Je Hyuk di sel, ia selalu memperhatikan Kim Je Hyuk saat latihan baseball.

7. Hanyang

Lee Kyu Hyung aka Hanyang

Hanyang ini karakter favorit gue banget. Karakternya aneh, lucu, ngeselin dan beda dari yang lain.  Karakternya segar karena belum pernah ditemui di drama lainnya. Tingkah polahnya imut kayak anak perempuan, to the point dan lebih sering ke arah ngajak ribut ya, slengekan tapi pinter luar biasa karena lulusan Seoul University. 

Dia masuk penjara karena ibunya yang melaporkannya tengah menggunakan narkoba, dan dia selalu bilang sama teman-teman satu selnya kalau dia itu  lebih baik dari mereka, mereka masuk penjara karena menyakiti orang lain dengan membunuh, mencuri, korupsi dll tapi paling tidak dia masuk penjara karena menyakiti dirinya sendiri. 

Punya kisah cinta yang unik karena pacarnya laki-laki juga alias dia gay hehehe. Berasal dari keluarga kaya raya dan menjadi anak satu-satunya, membuat pendapat orang-orang sekitar kalau dia hanyalah anak orang kaya yang bisanya menghambur-hamburkan harta orang tua tapi kehidupan seseorang mana ada yang tau. Hehehe. Di Episode 15 kita akan di kasih surprise tentang Hanyang yang membuat kita berteriak Andweeeeeee......

8. Kapten Yoo

Jung Hae In aka Kapten Yoo

Tentara yang masuk penjara karena divonis menyiksa anak buahnya sampai meninggal. Padahal sebenarnya kapten Yoo hanyalah korban dari bobroknya hukum di Korea sana. Kapten Yoo bukanlah pembunuh, hanya dijadikan tumbal oleh orang-orang yang berkuasa. 

Sifatnya diawal masuk sel 2-6 dikenal seram dan pendiam, namun setelahnya Kapten Yoo dikenal orang yang sangat suka kebersihan dan sangat rapi. Tidak suka kopi manis dan benci tapi (cinta) sama Hanyang karena hampir setiap hari berantem bahkan oleh hal sepele pun.

9. Beobja 

Kim Sung Cheol aka Beobja

Beobja ini cerewet banget, dan emang tahu seluk beluk penjara sampai ngajarin apa yang harus dilakuin pas baru masuk penjara. Mungkin karena emang sudah sering banget keluar masuk penjara karena hampir setiap orang di sel penjara kenal sama dia.

Dari awal episode sampai akhir kemunculannya hampir selalu ada meskipun ditengah-tengah episode sempat menghilang. Ketika akhirnya dia masuk penjara lagi dia memutuskan mengabdikan hidupnya untuk Kim Je Hyeok dikarenakan Je Hyeok pernah menolongnya dengan membayar biaya rumah sakit untuk operasi ibunya.

Karena tahu dia salah satu orang terdekat Je Hyeok, di akhir-akhir episode  dia kena fitnah dan masuk sel isolasi dan itu membuat Je Hyeok merasa bersalah. Selama di sel isolasi dia belajar banyak hal salah satunya bahasa inggris untuk  tes TOEFL hingga akhirnya dia berhasil keluar penjara,. Pas keluar dari penjara dia jadi supir pribadi Je Hyeok.  Beobja sayang banget sama Je Hyeok begitupun sebaliknya , Ku terharu ketika di dalam penjara pun kita bisa menemukan keluarga baru.

10. Sipir Ppaeng

Jung Woo In aka Sipir Ppang

Ketika di episode awal-awal ada sipir Jo yang mata duitan dan ngeselin banget, lain halnya dengan sipir Ppaeng meskipun mulutnya pedas, suka membentak, suka ngomong kasar dan mencaci maki para napi yang melawannya tapi sebenernya hatinya lembut banget. Karena dia ngomong kasar itu sebenarnya jujur dari hatinya dan ngga mau bikin para napi kecewa. 

Sering bawain Je Hyeok dan teman-teman ayam goreng, menyelamatkan semua tahanan dari adanya indikasi kebakaran dan hal-hal manis lain yang dilakukan dibalik watak kerasnya. Banyak plot twist dari karakter seorang letnan Ppaeng yang membuat gue makin kagum setiap episodenya.

Masih banyak karakter lain sebenarnya tapi gue ngga bisa jelasin semuanya. Tapi ada satu lagi terakhir yang ngga boleh ketinggalan yaitu si cantik Krystal Jung aka Ji Ho yang berperan jadi pacar Je Hyeok .

Manis Banget SooJung

Honest Review.

Secara keseluruhan drama ini bisa dibilang paket komplit, lucu nya ada bahkan untuk lucunya masuk dalam dark komedi yang sangat jarang muncul di drama-drama lain, enam penghuni sel yang kelakuannya bodoh-bodoh dijadiin satu sel yaudah ketawa aja isinya, Hilang semua kesan seram dan jahat yang ada. Menceritakan tentang slice of life juga, di mana digambarin Kim Je Hyeok mengalami masa-masa terendah dalam hidupnya ya ketika masuk penjara dan bagaimana dia mengatasinya. 

Selama nonton wise prison life kita akan dikasih kejutan ditiap episodenya keren banget deh pokoknya pd-nim nya. Dari yang senangnya biasa aja sampai senang banget, dari yang lucu aja sampai lucu banget, dari yang sedih biasa aja sampai bikin nangis. Dan satu lagi yang sangat gue suka dari ini adalah soundtrack nya bagus-bagus banget, untuk akting para pemain juga ngga kalah menarik untuk Krystal yang seorang idol pun aktingnya sudah natural, sinematografi nya juga ngga kalah daebak.

Buat kalian para pecinta drama korea apapun genrenya gue sangat saranin nonton wise prison life, sekali seumur hidup paling ngga nonton drama korea yang unik ini yang banyak pesan moralnya, hehehe. Untuk nilai dari gue sendiri gue kasih 9/10.









ketika ditantang saling tatap dan ngga boleh ada yang baper :)































aduuh couple kesayangan..sweet banget.





You May Also Like

0 komentar

Terima Kasih telah berkunjung ke blog saya, silahkan berkomentar dengan sopan.