Pengalaman Pertama Nonton Konser K-Pop (Blackpink in Your Area World Tour 2019)

by - Februari 10, 2019

Kali ini gue mau cerita tentang pengalaman pertama dalam hidup gue yaitu nonton konser Kpop. Konser Kpop pertama yang gue tonton adalah Blackpink in Your Area World Tour in Jakarta 2019. Di sini gue akan cerita sekaligus jelasin hal-hal apa aja yang perlu disiapin bagi kalian yang newbie dalam dunia perkonseran (meskipun gue juga belum pro dalam hal itu) tapi gue akan kasih sedikit gambaran tentang gimana konser Kpop itu akan berjalan, mulai dari beli tiket, ke tempat konser naik apa dan lain-lain.

Sebelum gue bahas tentang tiket konser dan hal lainnya, gue mau cerita dulu gimana akhirnya gue memutuskan untuk nonton Blackpink. Sebenernya gue ga pernah benar-benar ngefans ke sebuah grup Kpop atau disebutnya punya fandom karena gue sendiri bingung untuk hanya nge-stan satu grup dan untuk dibilang multifandom pun ngga bisa karena gue ngga ngikutin semua grup sampai hafal semua membernya, lagu-lagunya dan nonton acara-acaranya.

Tapi untuk nikmati musik mereka semua iya, karena gue sering dengerin spotify dengan playlist kpop daebak, jadi keputer dah tuh lagu-lagu kpop yang baru-baru dan lagi hits. Sebagai orang yang ngga punya fandom tapi suka hal-hal yang berbau Korea dan Kpop, gue ngga pernah exited atau menantikan kehadiran sebuah grup untuk konser di Indonesia karena bagi gue mereka sama. Tapi tentu gue ingin menyaksikan penampilan mereka secara langsung sekali-kali siapapun grupnya.

Tahun 2019 gue memasukkan nonton konser Kpop sebagai salah satu resolusi, karena tiket konser Kpop sendiri itu ngga murah jadi bagi gue itu adalah sebuah pencapaian ketika akhirnya gue berhasil. Dari akhir tahun 2018 akhir gue udah nabung dan niat entah siapapun grupnya di tahun 2019 harus ada salah satu yang gue tonton.

Karena duit gue belum banyak, gue ingin konser pertama gue tuh buat nonton Boygroup tapi apalah daya kabar konser Boygroup jadwalnya masih simpang siur jadi daripada ngga nonton sama sekali lalu bulan Januari 2019 fix kalau Blackpink konser di Indonesia.

Awalnya pun Blackpink gue ngga mau nonton karena jadwal konsernya itu hari Minggu yang besoknya Senin dan gue takut ngezombie di Kantor, karena gue pun berjanji akan  nonton konser jika diberi kesehatan dan kesempatan tanpa harus mengorbankan waktu tidur dan kerjaan maka jika sempat ya nonton jika ngga bisa ya ngga maksa.

Jadi ngga tahu kenapa YG mengumumkan kalau konser Blackpink itu menjadi dua hari, yang ditambah hari Sabtu tanggal 19 Januari. Iya Blackpink konser selama dua hari tapi tiket penjualannya dijual untuk hari kedua dulu, hari pertama nyusul setelah pengumuman babeh YG. Tanpa pikir panjang akhirnya gue memutuskan untuk nonton Blackpink day 1,  mungkin inilah memang kesempatan gue buat nonton konser Kpop gue udah ngga mikir Boygroup atau Girlgroup lagi toh Blackpink juga hampir semua lagu-lagunya gue tahu.

Hal-hal yang perlu disiapin sebelum akhirnya bisa masuk Hall dan nikmatin konser adalah :

1. Tiket Konser

Tiket konser hanya bisa dibeli di website resmi Tiket.com yang untuk day 1 tiket dibuka pada tanggal 21 Desember 2018 jam 2 siang. Awalnya gue niat mau beli yang bronze aja, tapi begitu website dibuka pas jam 2 terjadilah war tiket yang tentu saja gue kalah dan ngga berhasil buat dapetin tiket yang gue mau.

Gue masih usaha buat nunggu 3 jam kemudian kali aja ada yang cancel pembayarannya jadi masih ada kesempatan buat gue ambil, tapi ternyata sesusah itu buat dapet tiket seating karena lagi-lagi yang available untuk standing.

Akhirnya gue memutuskan untuk jastip aja dan gue nyari yang fee nya ga gede-gede amat. Lalu gue cari-cari di twitter, emang banyak yang jual tiket bronze tapi mereka pasang fee gede-gede banget bahkan ada yang sampai 400rb,  yang jika  beli harga normal itu udah dapet tiket yang jade.

Ada yang pasang fee 100rb tapi rata-rata untuk tiket Platinum atau Diamond yang mana budget gue ngga masuk. Huuuuh ternyata sesusah itu buat dapetin tiket konser, udah niat nonton pun banyak halangannya. Gue sempet berpikir kayaknya udah bakalan batal nonton.

Tapi tiba-tiba ada yang DM di Twitter untuk bantuin war tiket dan dia akan usaha buat dapetin bronze tanpa pikir panjang gue iyain aja tanpa ada rasa takut ini penipuan sama sekali. Tapi hasil war tiket adalah dia dapet tiket yang jade seating  dan dia tau kalau gue ragu-ragu buat ambil yang jade akhirnya dia seperti kasihan sama gue dan cuma ngasih fee 50rb aja, dan akhirnya gue ambil dan berhasil lah gue dapet tiket konser nonton Blackpink.

Untuk penukaran tiket sendiri oleh pihak promotor yaitu IME udah bisa dilakukan H-2 sebelum konser Day 1 yaitu tanggal 17-18 Januari 2019 dan tentunya pas hari H sendiri yaitu tanggal 19-20 Januari 2019 dan hanya bisa dilakukan di ICE BSD, gue sendiri nuker pas hari H tanggal 19 Jan karena males bolak-balik ICE karena jauh.

Pas penukaran tiket sendiri yang gue rasain tertib bnaget, meskipun antrian panjang tapi pelayanan cepat jadi kita ngga perlu nunggu lama-lama. Penukaran tiket sendiri barisan antrian disesuaikan dengan tiket kita yang standing maupun yang seating.

2. Transportasi ke ICE BSD

Setelah dapetin tiket,  yang perlu dipikirin selanjutnya adalah ke sana naik apa. Karena ini pengalaman nonton konser pertama gue tentu gue buta banget sama ICE. Gue nanya sama-sama temen di grup Line atau Twitter, rata-rata mereka ke sana naik mobil atau pakai grab ada juga yang naik busway dan kereta.

Dan gue pilih naik kereta karena ternyata aksesnya cukup mudah dari tempat gue dan tentunya lebih murah juga dari pada gue naik grab dari kost langsung ke ICE. Untuk rute keretanya adalah Gue dari kost naik gojek ke St Rajawali kemudian naik kereta jurusan Tanah Abang lalu di Tanah Abang transit dan naik kereta yang arah ke Serpong kemudian turun di St Rawa Buntu, jadi kita ngga sampai pemberhentian terakhir ya hanya sampai St Rawa Buntu. Habis itu lanjut naik gojek ke ICE karena memang ngga ada angkot untuk arah ke ICE.

Gue otw dari kostan cukup pagi yaitu jam 11 siang karena konsernya sendiri jam 7 malem dan kita boleh masuk Hall dari jam 5 Sore, gue sengaja dateng pagi karena mau nuker tiket dulu. Karena ini pengalaman nonton konser Kpop pertama, gue sebisa mungkin menghindari hal-hal yang ngga di inginkan, gue bisa aja dateng abis Dzuhur tapi karena gue gatau perjalanan ke ICE bakal lancar apa ngga jadi lebih baik gue nunggu daripada telat dan bingung sendiri.

Tapi alhamdulillah perjalanan ke ICE lancar, gue sampai ICE kira-kira jam 1 siang dan langsung saja nuker tiket dan ngga sampai 30 menit udah jadi tiket fisik gue lalu selebihnya gue makan dulu dan lanjut muter-muter ICE dulu sebentar liat orang jualan freebies dan jam 3 sore gue udah langsung masuk Hall karena diluar panas banget sekalain nge-charge karena baterai gue udah tinggal 60%.

Nah untuk masalah transportasi kendala sebenarnya bagi kita yang pakai transportasi umum adalah ketika konser telah selesai atau pas pulang. Bagi yang bawa mobil, naik grab atau udah ikut rombongan bis itu ngga masalah tapi yang naik kendaraan umum itu sedikit susah. Karena kalau pas berangkat kita order gojek itu gampang tapi pas pulang itu susahnya bukan main, karena hampir seluruh penonton konser rebutan order ojek online dan itu bikin server penuh meskipun sinyal full.

Alhasil banyak sekali ojek offline di situ yang udah pasang tarif gila-gilaan dari yang 50-80rb cuma dari ICE ke St Rawa Buntu, masalahnya kita ngga punya pilihan karena kita juga harus ngejar kereta terakhir juga, kelar konser sendiri pasti udah malem jam 10 atau setengan 11. Tapi gue sendiri Alhamdulillah nemu abang ojek yang baik dia pasang tarif 50 dan gue tawar jadi 30 akhirnya mau.

3. Pakaian dan Makan

Karena selama nonton konser itu durasinya lama bisa 2-3 jam usahakan pakai pakaian yang nyaman, pakai sepatu yang nyaman apalagi kalau tiket kalian standing kita kan berdiri kurang lebih 5 jam dari nunggu konser sampai konser selesai, gue kemarin seating aja berasa pegel nyanyi teriak-teriak dan kadang sesekali berdiri juga. Bawa yang perlu dibawa aja jadi gausah pakai tas gede-gede jadi kita ngga gampang capek.

Dan usahakan sebelum nonton konser kita makan dulu, kalau bisa jangan ada yang terlewat mulai dari sarapan dan makan siang karena nonton konser butuh banyak tenaga. Ketika kita udah masuk Hall bukan berarti kita ngga boleh makan, boleh koq orang di dalem Hallnya sendiri bnayak yang jual makanan cuma ya itu mahal. Yang ngga boleh itu bawa makanan dari luar jadi pas kita memutuskan buat masuk Hall usahakan semua bekal yang kita bawa sudah dimakan jadi ngga kena razia security.

Soalnya kemarin pas gue masuk Hall gue ngeliat ada mba-mba yang bekalnya yaitu roti dan nasi goreng dimasukkin ke plastik sampah sama security tentu dengan persetujuan mba-mba tersebut, cuma gue ngeliatnya sayang aja.

4. Review Konser

Kesan pertama yang bisa gue bilang setelah nonton konser Kpop adalah "Such a beautiful experience"  bener-benar suatu pengalaman yang sangat seru, jadi salah satu hari terbaik dalam hidup. Gimana ngga menjadi hari terbaik dalam hidup, Blackpink yang selama ini cuma bisa gue tonton melalui layar kaca entah itu layar kaca laptop, layar kaca Handphone, maupun layar kaca TV sekarang gue bisa melihatnya secara langsung dan kita nyanyi bareng teman-teman Blinkeu yang lain.

Untuk masalah tata panggung, sound, lighting benar-benar pas banget. Gue yang nonton paling belakang aja rasanya seneng banget dan puas apalagi yang nonton di Diamond ya?. Benar-benar ngga kapok nonton konser Kpop bahkan kalau ada rezeki lebih dan kesempatan ingin juga nonton konser grup lain. Ngga kebayang kalau nonton konser BTS atau EXO karena nonton Girlgropu aja serame ini. Udah segitu aja cerita nya sisanya jadi kenangan indah dan tersimpan di memori gue :)