Review Film Korea : New Trial (2017)

by - Januari 26, 2019

Kali ini gue mau review film korea dengan judul new trial yang tayang pada tahun 2017. Film ini singkatnya tentang sebuah kasus pembunuhan dan masalah hukuman yang dialami oleh tersangka. Film ini menurut gue sedikit mengingatkan sama kasus jesica-mirna yang sempat ramai di Indonesia beberapa tahun lalu. 

Sinopsis.

Film ini diangkat berdasarkan kisah nyata. Pada tanggal 10 Agustus 2000 terjadi pembunuhan seorang supir taxi.  Di suatu malam, Hyun Woo (Kang Ha Neul) yang sedang mengendarai sepeda motor dan kebetulan berada pada lokasi kejadian harus menjadi saksi dari kasus pembunuhan tersebut. Tapi, oleh sekelompok detektif dia justru dikambinghitamkan menjadi tersangka pembunuhan. Hyun Woo yang saat itu hanyalah seorang remaja 15 tahun pun harus menerima kekerasan dari mereka. Hyun Woo dipaksa untuk mengakui kejahatan yang bukan dilakukan olehnya dan dijatuhi hukuman 15 tahun penjara. 

Kang Ha Neul as Hyun Woo

Selepas keluar dari penjara selama 10 tahun lamanya (dia menerima pengurangan lama hukuman karena bersedia mengakui kejahatan secara tertulis). Hyun Woo bertemu dengan Joon Young  (Jung Woo) adalah seorang pengacara yang terlilit masalah keuangan. Dia pun akhirnya memutuskan untuk mengambil kasus Hyun Woo. Karena selain ingin membantu Hyun Woo unuk membersihkan namanya dari label "pembunuh", dia juga berpikir kalau dia berhasil dengan kasus Hyun Woo maka karirnya sebagai pengacara akan lebih baik lagi.

Jung Woo as Joon Young

Hyun Woo dan Joon Young pun meneliti lagi berkas-berkas pengadilan Hyun Woo dulu dan ternyata penuh dengan rekayasa. Mereka pun akhirnya mencari bukti serta saksi baru agar bisa dilakukan sidang ulang. 


Honest Review.

Issue yang diangkat dalam film new trial berhasil membuat emosi penonton meledak-ledak, bahkan diakhir film gue berkaca-kaca hingga akhirnya menangis. Ngga tega banget melihat Hyun Woo yang mendapat perlakuan sangat tidak adil. Dihukum atas dasar perbuatan yang dia tidak lakukan sama sekali. Perjuangan Hyun Woo dan Joon Young untuk mengadakan sidang ulang pun ngga mudah, mulai dari pengumpulan bukti sampai mencari saksi baru. Bahkan ketika semuanya sudah "siap" pun semua penegak hukum seolah dibutakan oleh uang dan jabatan dengan mengeyampingkan keadlian.

Hingga akhirnya Hyun Woon pun ingin menyerah saja dan sudah tidak percaya lagi bahwa keadilan itu ada. Bahkan sang ibu sampai mengusirnya dari rumah dan menyuruh Hyun Woo pergi saja ke luar negeri karena dia merasa tidak bisa hidup tenang selama masih ada Hyun Woo di sisinya. Huhuhu

Akting Kang Ha Neul dan Jung Woo yang sedari awal menjadi pusat film ini sangat bagus sekali, sisipan dramatisasi khas korea di film ini pun sangat pas tidak terlalu berlebihan. Secara keseluruhan film ini menghibur, mengangkat isu sosial yang menarik, pesan moralnya pun sampai. Untuk nilai gue kasih 8/10. 

Dan ada satu dialog yang sangat gue suka di film ini yaitu ketika Joon Young disuruh meninggalkan kasus Hyun Woo oleh bosnya dan diiming-imingi gaji besar Joon Young malah bertanya sama bosnya "apakah bos pernah menerima gaji besar?" jawaban bosnya "tentu iya, bahkan lebih besar dari gaji kamu" lalu Joon Young bertanya lagi "apakah bos pernah menerima seluruh kekayaan dari seseorang, tentu tidak pernah kan? tapi aku pernah mendapat bayaran dari seluruh kekayaan seseorang, jadi aku menang.



















You May Also Like

0 komentar

Terima Kasih telah berkunjung ke blog saya, silahkan berkomentar dengan sopan.