Biaya Syukuran 4 bulanan Kehamilan

by - Juli 08, 2021

Kehamilan pasti jadi momen yang paling dinanti-nanti semua pasangan. Begitu pula dengan aku dan suami. Dan alhamdulillah sama Allah dikasih amanah dan tanggung jawab yang bisa dibilang cepat. Selang sebulan setelah menikah, alhamdulillah test pack langsung bergaris dua. Langsung nangis seneng banget. Aku test pack bukan di kostan sendiri dan dilakukan pagi hari seperti orang-orang pada umumnya, tapi aku test pack di klinik  pas sore hari  sehabis pulang kerja dan langsung disuruh sama ibu dokter, karena awalnya sebelum tahu aku hamil, aku sakit. Sakit flu biasa Cuma waktu itu ketambahan radang dan aku sudah ngga kuat banget akhirnya ke dokter, pas diperiksa eh tumben-tumbenan yang biasanya Cuma ditanya ada alergi obat apa ngga, ini dokternya tanya “apa ibu lagi dalam  keadaan hamil atau menyusui’’?. Aku kaget ditanya gitu, dan ngga bisa langsung kasih jawaban karena memang aku sudah telat datang bulan seminggu tapi belum test pack, akhirnya dokter menyarankan test pack di situ aja, biar kalau positif hamil bisa gampang kasih obatnya, eh pas di test alhamdulillah positif hamil.  Rasanya seneng banget, terharu dan suami langsung ciumin aku :}.

Setelah dua minggu aku pulang kampung karena sudah resign kerja, usia kandungan sudah memasuki usia 4 bulan. Jadilah aku sama suami mulai mikir untuk acara 4 bulanan dari mulai pertama sampai rumah. Awalnya aku sama suami, mau ngadain acara syukuran biasa aja karena yang penting do’anya bukan meriahnya. Karena katanya kalau mau milih acara 4 bulanan apa 7 bulanan, mending pilih yang acara 4 bulanan karena pada usia ini janin pas ditiupkan ruh. “Sesungguhnya setiap orang di antaramu dikumpulkan penciptaannya di dalam perut ibunya empat puluh hari berupa nutfah, kemudian menjadi segumpal darah, {empat puluh hari kemudian}, kemudian menjadi segumpal daging selama itu pula, {4O hari berikutnya}. Kemudian diutuslah kepadanya malaikat, lalu meniupkan ruh kepadanya dan diperintahkan atasnya  menuliskan empat hal: ketentuan rejekinya, ketentual ajalnya, ketentuan amalnya, dan ketentuan celaka atau bahagianya..” {HR. Bukhari dan Muslim}. Semoga nanti tetap bisa ngadain acara 7 bulanan, dan memberikan yang terbaik buat si jabang bayi, diberi rezeki yang banyak dan berkah.  Aamiiin Ya Allah.  Balik lagi ke masalah acara, ternyata setelah diskusi sama orang tua, se-sederhananya acara 4 bulanan di kampung  harus ada rujak kelapa, kupat lepet, dan juada pasar {Isinya ada pisang 7 macem, daun pandan, bunga mawar, menyan, rokok, kapur sirih, krupuk dll}, dan juga amplop buat para ustadz-ustadz yang ngaji. Karena kalau acara 4 bulanan ada beberapa surat Al-Quran yang dibaca selain bacaan tahlil biasa. Alhasil aku yang sama mas tadinya cuma budgetin buat besek sama snack akhirnya ditambahin, meskipun ngga sampai over budget sih. Gapapa, yang penting alhamdulillah acara berjalan lancar dan sudah kelaksana buat acara syukuran 4 bulana, rasanya plong banget tinggal mikir lagi buat kedepannya.

Untuk besek kita lebih milih pakai mentahan saja karena setelah dipikir dan dihitung habisnya hampir sama besek isi mentah atau mateng, bahkan mungkin lebih mahal mateng karena ada tambahan biaya buat bayar orang yang masak, belum bumbu, belum minyak goreng dan lain-lain. Isi besek kita pilih ada 7 macam yang terdiri dari Mie Instan, Beras, Telor, Gula Pasir, Teh, Minyak Goreng dan Kecap. Dan kita ngundang kurang lebih 5O orang. Buat rincian pengeluaran selama syukuran 4 bulanan kurang lebih kaya  di bawah ini ya.


Kurang lebih segitu ya biaya yang kita keluarkan buat acara syukuran empat bulanan, bisa dibilang ngga begitu banyak pun ngga terlalu sedikit, intinya sih sesuaikan sama kemampuan aja. Yang penting bukan acara syukurannya, tapi do’a dari keluarga, kerabat, tetangga dan yang utama dari kedua orang tua calon bayi harus banyak ngaji, berkata baik, dan rajin baca Al-Qur’an karena di usia kandungan empat bulan ini, calon bayi sudah bisa mendengar dan merasa kalau dielus-elus perutnya. Dan kebetulan aku sama mas suami sejak tahu aku hamil, kita berdua bikin target buat hatamin sebanyak-banyaknya Al-qur’an sampai usia sembilan bulan nanti, sejauh ini aku baru hatam sekali dan mas suami baru dua kali, mudah-mudahan ngga kendor semangat ngajinya sampai usia 9 bulan nanti. Selain target hatamin Al-Qur’an, aku juga selingin baca-baca surat yang direkomendasikan buat ibu hamil diantaranya surat Luqman, surat Ar-rahman, surat Yusuf, Surat Maryam, Surat Muhammad, dan surat Yasiin. Aku biasanya baca surat-surat tersebut kalau sehabis baca Al-Qur’an baru lanjut baca surat-surat yang dianjurkan tersebut, tiap malam secara bergantian. Dan kemarin pas bibi haji main ke rumah, aku juga dinasehatin untuk sering-sering baca Al’Qur’an sejak masih hamil katanya “Mumpung masih di dalam kandungan yang sering ngaji, usahain hatam Al-Qur’an kalau bisa karena kalau mau punya anak yang sholeh/sholehan, pinter, nurut dan lain-lain ya didiknya sejak masih dalam kandungan kalau sudah lahir mah sudah tinggal nuntun, makanya sejak masih hamil biasain rajin baca Al-Qur’an atau didengerin Murrotal bayinya InsyaAllah pas lahir pun anak gampang di didik dan di atur secara islam karena sudah terbiasa sejak dalam kandungan”.

Mudah-mudahan aku dan mas suami makin rajin ngajinya setelah ini karena namanya iman seringnya naik turun :}. Buat mas suami juga jangan lupa buat sering-sering elus-elus perutku sambil ngajak ngobrol dede bayi. Bonus pijitin kaki, punggung sama tangan juga ngga nolak. Hehehe Iloveyou More mas :}}

Gambaran Juada Pasar

Juada Pasar











Ngga sempet foto bareng keluarga karena lagi pada repot alhasil isinya foto berdua itu aja kebanyakan selfie. Hehehe

You May Also Like

6 komentar

  1. Balasan
    1. Aamiiin Ya Allah, makasih ya mba. Baru keliatan lagi nih mba Tira, ke mana aja? :)

      Hapus
  2. Wah mba Fira ikut seneng bacanya. Semoga selalu sehat, lancar lahirannya, dimudahkan segala sampai due date ya mbaaaa. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiiin Ya Allah, makasih banyak ya mbak Fanny. Semoga mbak Fanny sekeluarga selalu sehat. Maaf nih mbak, akhir-akhir ini sering cuekin mbak fanny di instagram, karena lagi mual pusing ngga karuan menghadapi trimester pertama hehe.

      Hapus
  3. Selamat mba atas kehamilannya ❤️ baarakallahu fiikum. Semoga Allah tanamkan didalamnya ruh yang mencintai Allah dan RasulNya. Sehat selalu, bumil 🎂

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya Allah terimakasih atas do'anya. Aamiiin Ya Robbal Alamiin. Doa yang baik juga buat mbak ya 🤗🤗

      Hapus

Terima Kasih telah berkunjung ke blog saya, silahkan berkomentar dengan sopan.