Cerita Lamaran

by - Desember 18, 2020

Tahun 2020 bisa dibilang tahun yang berat buat siapapun karena kita dipaksa adaptasi dengan keadaan yang baru, yang kondisinya siapapun ngga mau. Yaps benar, tahun 2020 kita mengalami pandemi Covid-19. Termasuk aku sendiri, yang biasanya bekerja dari kantor akhirnya kantor pun memutuskan WFH guna mencegah penularan virus Corona. Awal-awal WFH berat banget, karena sudah terbiasa dengan rutinitas 09.00-17.00, bekerja dari rumah membuat jam kerja tidak teratur, komunikasi untuk bekerja hanya via layar kaca yang bahasanya kadang susah tersampaikan dengan baik. Tapi kini setelah melewati pandemi selama 8 bulan, salah satu hikmah pandemi yang aku lihat dan rasakan adalah yang di comfort zone ''dipaksa'' kerja ekstra dan yang biasa punya rutinitas ''dipaksa berinovasi''. Kini saatnya kita belajar, tumbuh dan beradaptasi. Tapi bukan soal pandemi Covid-19 yang mau aku bahas di postingan kali ini melainkan cerita aku yang akhirnya dilamar. Ditengah situasi pandemi ini ada salah satu hal yang aku syukuri banget dan terjadi tahun ini yaitu aku dilamar, bisa jadi tahun 2020 memang tahun yang berat tapi tahun 2020 juga menjadi berkah dan tahun terbaik buat aku karena akhirnya ketemu jodoh dan dilamar. 















Pas aku izin cuti di kantor buat melangsungkan lamaran, mereka semua kaget dan mengira aku dijodohin karena selama ini terlihat tidak sedang dalam relationship dengan siapapun. Aku sendiri juga kaget koq, sekali ketemu langsung lamaran :). Lalu orang yang cukup dekat dengan aku jelasin kalau aku ngga dijodohin sama sekali, dan memang sudah pacaran cuma ngga keliatan aja. Pas sampai rumah dan akhirnya pertemuan dua keluarga mereka juga kaget dan bertanya-tanya kita ketemunya di mana koq bisa satu di Jakarta satu di Tegal, tapi langsung mau lamaran :). Awalnya pun kita sepakat buat ngga nge-publish hubungan ini meskipun kita sudah lamaran, mas bilang nanti saja publishnya kalau sudah foto backgorund biru tapi salah satu temen mas ngga bisa nahan kabar bahagia ini lalu posting di sosial media, yaudah akhirnya jadi rame. Karena sudah terlanjur rame, akhirnya aku sendiri juga publish di sosial media. Ngomong-ngomong masalah cuti, sebenernya tidak semudah itu aku dapetin izinnya mengingat masih di situasi pandemi kaya gini, aku bahkan sampai ajuin cuti dua kali buat revisi tanggal. Tapi sekarang sih sudah lupa sama rasa sedih dan susahnya gantinya tinggal seneng, akhirnya tanggal itu aku dapetin dan bisa melangsungkan lamaran dengan lancar. Sekarang kita lagi persiapan nikah yang kurang lebih 3 bulan lagi, cape sih tapi seneng. Do'ain lancar ya teman-teman.

Gimana Rasanya Dilamar?

Kaget, lega, bahagia, dan bersyukur. Rasanya campur aduk, bahagia, senang, terharu bahkan terasa seperti mimpi. Aku begitu bahagia akhirnya aku selangkah lebih dekat dengan orang yang aku cintai. Aku terharu karena akhirnya ada laki-laki yang begitu menginginkan aku untuk menjadi pendamping hidupnya, dengan segala kekurangan yang aku miliki. Rasanya seperti mimpi. Iya, moment yang selama ini hanya bisa aku saksikan lewat temanku, keluarga, dan orang terdekat aku akhirnya sampai juga pada aku. Masya Allah Tabarakallah. Masih ngga percaya aja aku dilamar tahun ini, dan merupakan salah satu tujuan terbesar yang aku buat dalam hidup yaitu menikah. Seperti yang aku bilang di atas, kalau kita memang sebelumnya sudah pacaran. Jarak kami kenal dan benar-benar dekat belum terlalu lama dan tidak pula sebentar. Karena aku orangnya texting banget (lebih nyaman chat daripada telfonan) jadi kita chatan yang bener-bener intens banget, ngobrolin apa aja.  Iya di waktu yang cukup singkat inilah, kita ngobrol yang serius tapi santai sampai akhirnya kita berdua memutuskan buat menikah.  Dari awal deket, mas memang ngga pernah ngajak pacaran tapi selalu bilang mau serius dan ngajak menikah.  Aku yang waktu itu baru dideketin oleh orang yang sama sekali belum aku kenal tentu aku takut dong, boro-boro nge-iyain ajakannya buat menikah di chat aja jawabnya cuek dan slow respon sekali. Dalam hati tetap ada rasa senang karena dia ngajaknya langsung serius, tapi aku mikir lagi aku mau nikah yang sekali seumur hidup masa iya aku ngga tau orangnya kaya gimana. Tapi untungnya, dengan sikap aku yang cuek banget begitu mas ngga mundur begitu aja, meskipun kadang chatnya aku read doang mas tetap semangat kirim chat, seperti tahu kalau dihati aku ada keraguan dan bingung mau bales apa, pesan dari mas inilah yang akhirnya pelan-pelan buat aku mau bales-balesin chatnya dan mulai sedikit terbuka. 

Meskipun aku selalu bilang kalau aku ngga kenal mas, tapi jawaban mas selalu sama ''gapapa  kamu ngga kenal mas nanti lama-lama juga kenal koq, yang penting mas kenal kamu''. Pikir aku kenal darimana, orang kita aja kenal juga baru, ternyata dia sudah lama  kepoin aku bahkan sudah dari tahun 2018 dan rajin baca-baca blog aku hingga scrolling all sosial media aku. Memang sih kalau di blog aku lebih bisa cerita siapa aku dibanding sosmed lain, isinya lebih ke curhatan aku tentang apa yang alami entah itu sedih atau seneng. Di blog bisa dibilang aku lebih "nunjukin" siapa diri aku walaupun ngga semua. Terus aku jadi mikir, Ya Allah apa iya aku dapet jodoh gara-gara nulis blog, ketemu jodoh perantara lewat blog....hmmmm...aku cuma bisa bilang makasih Ya Allah...:))

Persiapan Lamaran

1. Cincin

Karena kita LDR dan punya waktu yang sedikit jadi kita tidak sempat pergi bareng untuk beli cincin secara langsung. Jadi mas tanya ukuran jari aku berapa, buat dibeliin langsung di rumah. Tapi karena aku ngga pernah pakai cincin apalagi di jari manis, jadi aku ngga tau dong ukuran jari aku berapa. Terus aku browsing di internet cara mengukur jari gimana, ternyata ketemu ukuran jari aku 14 dan buat memastikan bahkan aku pergi ke toko mas terdekat dan hasilnya cocok. Ngga tau apa ukuran cincin di Jakarta dan Tegal berbeda, sampai di toko emasnya mas nanya lagi apa bener ukuran jari aku 14 karena koq besar sekali adeknya saja pakai ukuran 12, dengan mantap aku jawab iya 14. Ehh bener dong pas dipakai kegedean tapi tenang masih bisa diakalin koq. Jadi walaupun kegedean tetep nyaman dipakai.  




2. Baju Lamaran

Untuk masalah baju aku memutuskan untuk memakai kebaya di hari lamaran aku. Sebenernya pengin sih pakai gaun, karena kan pas wisuda ceritanya aku sudah pernah pakai kebaya tapi pas aku lihat-lihat lagi model gaun di tempat biasa aku beli modelnya belum ada yang aku suka, jadi mungkin lain kali aja pakai gaunnya. Aku Pre Order satu set kebaya dan kemeja biar samaan sama mas. Motif rok dan kemeja batik yang aku pesan pertama kali ternyata sudah sold out, jadi aku dikasih pilihan motif pengganti sama yang punya. Dengan pre order kurang lebih 2 minggu seperti biasa hasillnya ngga mengecewakan. 




3. Dekorasi

Untuk dekorasi sama makeup sebenernya satu vendor dan itu semua pakai jasa temen mas. Awalnya aku sudah sempet cari-cari di Instagram untuk vendor dekorasi rata-rata mereka menawarkan satu paket all in yaitu dekorasi, makeup dan foto tentunya dengan harga yang variatif dan pilihan dekor yang variatif juga. Tapi mas bilang, sudah untuk masalah dekor dan MUA urusan mas aja. Hmmm yasudah aku iyakan saja. Jadi untuk masalah dekorasi dan MUA sebenernya aku ngga tahu sama sekali bakal kaya gimana, hasil makeupnya gimana karena itu semua pilihan mas. Aku sempet bilang sih, aku boleh lihat ngga hasil makeup dan contoh dekorasinya dengan nama minta nama sosmednya, mas bilang jangan nanti aja buat surprise. Ehh surprise beneran ternyata :). Sempet ada perdebatan sih karena awalnya aku pengin lihat hasil makeupnya karena kan nanti yang dirias aku, jawaban mas terlihat kecewa aku bilang gitu. Yasudah aku jawab aja, bukannya aku ngga percaya sama vendor temen mas, aku juga ngga mau batalin koq orang mas sudah bayar juga, masa belum dicoba sudah bilang jelek. Akhirnya closed untuk masalah dekorasi. karena waktu itu tenaga dan pikiran kita juga masih banyak buat mikirin hal lain salah satunya izin cuti aku, yasudah aku pun ngga mau nambah beban pikiran mas. 





4. Hantaran

Untuk masalah hantaran mungkin tiap daerah beda-beda ya. Aku juga baru tahu kemaren kalau adat hantaran ketika lamaran di tempat aku seperti itu. Jadi ketika lamaran, hantaran yang dibawa dari pihak pria berupa makanan, makanan itu sendiri terdiri dari makanan basah, makanan kering, buah-buahan dan lain-lain tapi inti semuanya yang dibawa berupa makanan. Nah makanan itu sendiri nantinya kita bagi-bagikan ke tetangga intinya sih buat ngasih tahu kalau aku sudah dilamar. Jadi hantaran berupa baju, sepatu, tas, jam dll itu semuanya adanya nanti ketika acara pernikahan bisa disebut juga seserahan. Karena kalau aku tanya teman-teman aku yang di sini (Jakarta) ketika mereka lamaran, hantarannya langsung berupa tas, baju, sepatu, makeup, skincare dll tapi nanti ketika menikah hantaran itu tidak dibawa lagi karena sudah ada pas acara lamaran. Dan itu juga beda-beda jawaban dari temen aku katanya sih tergantung kesepakatan masing-masing aja. Kalau adat hantaran di daerah kalian gimana gaes?






5. Makeup

Seperti yang aku bilang di atas kalau makeup masih satu vendor dengan dekorasi alias menggunakan jasa orang yang sama. Hasilnya bagus, pas aku posting di insta story dan whatsapp story banyak yang bilang cantik dan kaget karena hari itu aku lamaran. Ada juga sih beberapa komen yang negatif intinya sih banding-bandingin sama makeup aku jaman wisuda ya, tapi aku ngga mau ambil pusing sih anggap aja mereka ngga seneng. Orang akunya sendiri tetep merasa cantik hari itu, sorry gaes. 








6. Fotografer/Dokumentasi

Nah ini, meskipun sudah di list sedemikian rupa tetep aja ada yang lupa yaitu masalah foto. Akhirnya hari itu juga aku bilang sama mas kalau fotografernya belum ada, akhirnya adeknya deh yang disuruh jadi fotografer dadakan. Meskipun sudah ada fotografer dadakan, acara lamaran kemaren tetep banyak yang diambil pakai handphone fotonya dan hasilnya tetep bagus dong.

7. Makanan

Untuk makanan, mamah masak sendiri ngga menggunakan jasa catering siapapun. Mamah minta bantuan satu orang tetangga yang sudah terkenal buat bantuin kalau ada acara dan terkenal masakannnya enak. Sayang sekali aku ngga ada fotonya sama sekali, karena begitu makanan sudah siap di prasmanan aku sudah lagi dirias dan ngga sempet foto-foto lagi. 

Untuk acaranya berlangsung cukup singkat ya, karena keluarga mas pas menuju ke rumah sedikit ada kendala yaitu kejebak macet karena di daerah ku lagi musim kuda lumping. Jujur di acara lamaran ini aku harus ngapain aku ngga ngerti banget, aku sampai Whatsapp mas bilang "Mas ada gladi resiknya ngga sih acara besok, deg-degan banget aku :)" mas cuma senyum dan bilang udah tenang aja kalo kamu ngga tenang malah jadi ngga lancar acaranya. Besokannya aku tanya mamah, mamah ini aku harus ngapain sambil senyum tentunya, mamah ngga tahu nak, jaman mamah ngga ada begini. Hehehe. Dan karena waktu yang singkat ini dan aku juga di  rumah cuma 5 hari, jadilah ngga sempet bikin susunan acara pakai MC dll buat lamaran, alhasil aku buta banget deh. Terus aku dikasih tahu sama yang makeup'in aku, kalau aku tuh keluarnya nanti nunggu dipanggil buat dipasangin cincin, terus salaman sama semua keluarga mas (yang cewek) abis itu duduk, ngobrol-ngobrol terus foto-foto. Alhamdulillah acara berjalan lancar dan kekeluargaan. Meskipun terkesan cepet banget sih. Orang bilang kalau apa-apanya cepet, InsyaAllah jodoh. Aamiiiiin Ya Allah.

Nah, setelah lamaran selesai ada semacam balasan lamaran, yaitu gantian keluargaku yang dolan (baca: main) ke rumah mas. Di sini keluargaku juga bawa buah tangan. Yang ikut ngga banyak sih, cuma budhe, tante dan beberapa sepupuku. Aku sendiri ngga ikut karena sudah otw Jakarta. Kadang aku mikir kenapa aku tiba-tiba lamaran sama mas yah, pernah juga temen-temen kantor tanya apa yang buat aku yakin buat nerima lamaran mas padahal belum pernah ketemu, jawabannya aku ngga tahu dan kaya yaudah emang ngga ada jawabannya karena kalo dipikir aku mau yang terbaik buat diri aku, yang ini yang itu bla bla..akupun ngga tahu apa yang terbaik buat aku, kalau mas aja yakin, aku suruh dateng ke rumah buat lamar mau kenapa aku ragu-ragu :). Emang unik jalan yang dikasih Allah, ngga ada yang bisa diduga. Alhamdulillah banget dah pokoknya. :))
















You May Also Like

6 komentar

  1. Aduh jadi pengin ngelamar jodohku wkwk

    BalasHapus
  2. Selamat ya, Mbak Firaaaaa 🥳. Semoga lancar terus sampai hari H, Aamiin 🤲.

    Baca ceritanya Mbak Fira aku jadi ikut seneng, deh. Inget dulu pas dilamar suami soalnya. Hehehe.🤭

    Dan ternyata Mbak Fira punya secret admirer, dong. Berawal dari blog akhirnya bisa menuju ke pelaminan 🥰. Aaaaaaah, emang, ya, Allah itu punya rencana yang sweet banget buat hamba-hamba-Nya.

    Ngomong-ngomong stay healthy terus ya, Mbak Fira, calon suami, dan keluarga. Mudah-mudahan pas hari H Corona udah kelar. Biar lebih bebas ntar bulan madunya.🤭

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. Mba firaaaa, selamat yaaaaa. Duuuh cantiiik kok makeup nya.kliatan halus.. Ga sabar liat pas nikah , pasti LBH manglingi ;)

    Namanya jodoh ya mba, jauh jarakpun, bisa ketemu. Semoga lancar acaranya sampe hari H yaaa. Jaga kesehatan :)

    Aku dulu lamaran juga bawa kue2 aja mba. Yg baju, sepatu, underwear dll, itu pas nikahan. Jd 2x juga.. Suamiku orang solo, aku sendiri Batak. Tapi pas lamaran kita pake acara universal :D. Cm pas nikah, 2x. Sekali adat Tapanuli di Medan. Lalu ngunduh mantu di Jakarta adat solo :).

    Ini berarti yg di JKT calon suaminya kan ya mba?

    BalasHapus
  5. Selamat ya, Mbak. Semoga lancar sampai hari pernikahan. Dekorasi, make up, dan bajunya oke semua kalau menurutku. Kalau aku di tahun 2020 malah jadi tahun terburuk dalam masalah hubungan asmara.

    BalasHapus

Terima Kasih telah berkunjung ke blog saya, silahkan berkomentar dengan sopan.