Review Drama Korea VIP (2019). Drama Perselingkuhan di Tempat Kerja.

by - November 21, 2020

SINOPSIS

VIP adalah sebuah drama yang berusaha menemukan jawaban dalam hubungan rahasia yang sering kita jumpai dalam masyarakat saat ini. Na Jung Sun (Jang Na Ra) adalah wanita karir yang kompeten dan sukses yang bekerja sebagai wakil manajer di Sung Woon Department Store. Jung Sun memiliki tim yang kompak di bagian pemasaran, yaitu Lee Hyun A (Lee Chung Ah) dan Song Mi Na (Kwak Sun Young) Pekerjaannya sebagai anggota Tim Manajemen VIP adalah untuk memuaskan satu persen pelanggan teratas mereka yang merupakan VIP dan VVIP khusus. Melayani pelanggan VIP tidaklah mudah, Jung Sun harus mengunjungi salah satu pelanggan di penjara hanya demi memamerkan sepatu mahal. Selain itu, Jung Sun sudah terbiasa dimarahi oleh orang kaya. 






Pada suatu hari, tim pemasaran kedatangan anggota baru bernama On Yu Ri (Pyo Ye Jin). Seorang pelanggan VIP datang dan memilih Yu Ri untuk menemaninya berbelanja. Hal itu menjadi kecemasan bagi tim pemasaran, karena Yu Ri masih baru dan belum mengerti pekerjaannya. Tetapi di luar dugaan, ternyata pelanggan menyukai kepribadian Yu Ri yang apa adanya. Sehingga pelanggan tersebut memberikan semua hasil belanjaannya kepada Yu Ri sebagai hadiah. 

Jang Na Ra sebagai Na Jung Sun


Lee Sang Yoon sebagai Park Sung Jun


 Kwak Sun Young sebagai Song Mi Na

Pyo Ye Jin sebagai On Yu Ri

Lee Chung Ah sebagai Lee Hyun A

Jung Sun tidak hanya profesional di tempat kerja, tetapi dia memiliki rumah tangga yang bahagia dengan suami yang luar biasa, Park Sung Jun. Park Sung Jun (Lee Sang Yoon) merupakan direktur dari pusat perbelanjaan Sung Un Departement Store. Sung Jun memiliki kepribadian yang misterius dan tidak pernah berbagi cerita dengan istrinya. Meskipun begitu, Jung Sun tetap setia menemani suaminya dalam suka dan duka. Mereka berdua belum memiliki anak. Ibu mertuanya, Han Sook Young (Jung Ae Ri) memberikan ramuan herbal agar Jung Sun bisa hamil. 

Jung Sun berusaha menyiapkan makan malam istimewa untuk menyambut kepulangan suaminya. Tetapi Sung Jun lembur di kantor dan pulang terlambat. Jung Sun memendam kekecewaan dalam hati karena tidak mau bertengkar.

Namun, suatu hari Jung Sun menerima pesan teks anonim. Dikatakan bahwa suaminya yang romantis berselingkuh dengan seseorang di kantor. Karena tidak ingin kehilangan semua yang dimilikinya, dia dengan putus asa mempelajari kantor dan rekan kerjanya untuk mencari tahu wanita yang dilihat Sung Jun. Selama acara, rahasia di balik setiap pekerja di Tim Manajemen VIP terungkap. Akankah Jung Sun mengetahui kebenaran di balik pesan teks anonim itu?

Profil Anggota Tim Pemasaran 

Lee Hyun A yang dikenal sebagai wanita ambisius yang tidak menginginkan ikatan dalam hubungan. Sehingga Hyun A hanya tidur dengan pria dihotel sebagai one night stand. Hyun A pernah mengatakan ia punya lima pacar sambil bercanda

Song Mi Na adalah seorang ibu bekerja. Mi Na pernah cuti hamil selama tiga bulan dan melahirkan anak kembar. Suami Mi Na menjaga anak di rumah, sementara Mi Na terus bekerja di pusat perbelanjaan. Tak ada yang tahu mengapa Mina masih bertahan bekerja di sana selama lima tahun tanpa kenaikan jabatan.

Yu Ri pegawai baru digosipkan memiliki hubungan dekat dengan presiden direktur. Yu Ri kesulitan beradaptasi di lingkungan baru, namun ia berpikir tidak perlu menyesuaiakan diri. Situasi ini juga memicu kecurigaan Jung Sung tentang kemungkinan siapa selingkuhan suaminya. 

Selama ini Jung Sun merasa suaminya terlihat baik-baik saja meski komunikasi hanya terjadi satu arah. Selali Jung Sun yang memulai inisiatif lebih dulu. Suaminya Sung Jun cenderung pasif dan tidak ekspresif.

Honest Review.

Bisa dibilang drama korea VIP adalah drama korea yang bisa mengembalikan mood aku kembali nge'drakor, bukan berarti sebelum drama VIP ini aku ngga nonton drama Korea sama sekali ya, aku tetep mengikuti drama yang lagi hits dan on going seperti The World of Marriage, Itaewon Class dan When The Camellia is Bloom. Tapi karena lagi ngga mood nge'drakor kali ya jadi di paksa nonton drama yang lagi hits pun tetep kurang entusias dan ngga semangat. Nonton satu episode bisa sampai 3-4 hari baru selesai karena nontonnya selalu di jeda dengan kegiatan lain, jadi nonton drama korea buat pengalihan aja bukan karena suka dan penasaran sama ceritanya. Apalagi drama When Camellia is Bloom sampai sekarang belum aku tamatin, bukan ceritanya ngga bagus ya tapi mood aku yang belum baik aja. Niatnya sih nanti setelah namatin drama 18 Again sama Startup. 

Tapi ngga tahu kenapa pas nonton drama korea VIP jiwa nge'drakor aku muncul kembali, rasa penasaran di tiap akhir episode dan pengin segera menamatkan satu series ini. Cerita tentang perselingkuhan yang dikemas apik, buat aku menebak-nebak kira-kira siapa yang jadi selingkuhan Sung Jun. Drama Korea VIP memiliki alur cerita yang lebih gelap dan serius.







Jung Sun yang dari luar terlihat sempurna yaitu berasal dari keluarga kaya, cantik, lulusan Universitas ternama punya suami yang sama ''mapan''nya yaitu seorang Direktur. Seperti terlihat tidak punya masalah hidup, masalah di hidup mereka mungkin karena belum dikarunia anak. Namun memang kehidupan orang siapa yang tahu karena kita cuma melihat dari luar. Orang yang sempurna seperti Jung Sun saja masih di selingkuhi, aku pikir apalagi yang pria cari sampai tega selingkuh dari istri sesempurna Jung Sun.

Dari awal episode aku menebak-nebak terus siap selingkuhan Sung Jun, dan tebakan aku salah terus. Hingga akhirnya sampai di episode siapa sebenernya selingkuhan Sung Jun aku kaget banget, Ngga nyangka aja kalau ternyata Yu Ri selingkuhannya (sorry for the spoiler). Padahal Jung Sun memperlakukan Yu Ri sangat baik di kantor, sebagai senior dan tahu latar belakang Yu Ri yang sedikit ''susah'' dari segi pendidikan dan ekonomi Jung Sun banyak banget membantu Yu Ri dalam hal pekerjaan. Yu Ri pun tahu kalau yang dia lakukan salah sudah berselingkuh dengan suami Jung Sun apalagi dengan perlakuan Jung Sun yang begitu baik kepadanya semakin membuat Yu Ri serba salah, tapi namanya sudah cinta, dia bahkan menginginkan lebih dari hubungan dengan Sung Jun. Dan ingin pasangan Jung Sun-Sung Jun bercerai. Jung Sun sendiri yang begitu tahu kalau ternyata selingkuhannya adalah Yu Ri, hatinya sangat hancur. Dia pikir suaminya berselingkuh dengan wanita yang lebih dari dirinya, namun ternyata suaminya selingkuh jauh dari semua yang ada di Jung Sun yang bahkan masuk kerja saja tanpa lolos kualifikasi hanya dengan bantuan orang dalam.

Pas pertama Yu Ri datang ke departemen pemasaran terdengar gosip kalau Yu Ri sebenarnya ngga lulus Kuliah dan bisa bekerja di kantor dengan bantuan orang dalam, tapi dasarnya Jung Sun baik dia tidak menghiraukan gosip tersebut meskipun memang pada kenyataannya Yu Ri sangat tidak profesional dalam bekerja bahkan untuk hal yang mudah seperti membalas email pakai bahasa inggris, belajar menerima telfon dan lain-lain Yu Ri masih sangat kesusahan dan selalu minta bantuan Jung Sun untuk mengajarinya. Jung Sun pun dengan senang hati membantu karena dia pikir ini untuk kebaikan tim pemasaran juga. Tapi begitu tahu kalau Yu Ri selingkuh dengan suaminya ada satu kejadian di tempat kerja di mana Yu Ri menerima telfon dengan bahasa Prancis dan tentu saja dia sangat kebingungan menjawabnya dan dia oper ke Jung Sun, Jung Sun yang lancar berbahasa Prancis langsung bisa menyelesaikan masalah tersebut. Usai telpon ditutup Jung Sun bilang pada Yu Ri dengan sinis, "kamu pernah bilang kamu bisa bekerja di sini hanya karena beruntung, karena kalau di lihat dari kualifikasi kamu (Yu Ri) tidak lolos sama sekali karena bahkan tidak lulus kuliah, dulu aku menyangkal pendapat kamu itu, tapi sekarang aku mengerti kamu masuk sini memang tidak lolos kualifikasi sama sekali karena bahasa inggris pun kamu tidak bisa tapi ada satu kualifikasi yang orang lain ngga punya tapi ada di diri kamu yaitu orang dalam, ya itulah kualifikasi kamu satu-satunya". Sambil berlalu meninggalkan Yu Ri. Yu Ri pun hanya bisa menangis. Pas adegan ini rasanya aku puas banget, liat Jung Sung speak up dan seberani itu. 







Aku suka sekali ketegangan di awal episode drama, membuat aku selalu bertanya-tanya siapa "penjahat" itu dan membuat aku memiliki banyak teori. Ini adalah jenis drama adiktif yang tidak bisa tidak terus di tonton karena akhir setiap episodenya, cocok untuk binge-watcher.

Akting Jang Na Ra sempurna seperti biasanya. Para pemain secara keseluruhan sangat bagus. Semua rekan kerja utama menyenangkan. Aku menyukai nada feminis dari drama ini. 

Ini adalah jenis drama Korea yang sangat realistis tentang perselingkuhan dan apa yang terjadi setelah pasangan mengetahuinya. Drama mengubah mood kita karena pemerannya adalah aktor yang sangat baik, kita merasakan emosi Jung Sun. Aku berharap bahwa karakter utama akan menemukan kebahagiaan pada akhirnya tetapi dia menemukan kedamaian dan karakter pendukung lainnya menghadapi tantangan mereka sendiri dan hingga akhirnya menemukan kebahagiaan. Kita mungkin kecewa dengan ending drama ini tetapi kita tidak akan kecewa dengan perjalanan terungkapnya siapa sang selingkuhan di setiap episode.

Orang-orang jahat mendapatkan karma mereka. Semua orang mendapatkan peran dan ceritanya dalam drama meskipun peran pendamping sekalipun, tidak ada yang stagnan, bahkan pemirsa mempelajari pelajaran penting dalam hidup seperti bagaimana komunikasi berdampak dalam sebuah hubungan. 

Drama ini benar-benar melebihi semua ekspektasi aku dan memiliki banyak pelajaran hidup tentang bagaimana menghargai diri sendiri dan menghadapi perjuangan di dunia. Ini seperti pengingat bahwa ini bukan hanya kita yang memiliki masalah di dunia ini. Yang bisa aku katakan hanyalah kata-kata pujian untuk semua pemeran dan penulis dan semua orang yang membuat drama ini menjadi mungkin.

Bukan hanya suaminya yang selingkuh dan membuat dunianya seperti sudah berakhir. Ini adalah kebenaran sulit yang datang tetapi disembunyikan. Ini adalah kesalahan yang berkembang. Ini adalah gairah vs cinta sejati, kesempatan kedua dan melepaskan, balas dendam yang paling manis dan menemukan kedamaian. 

Namun, drama ini tidak hanya tentang Jung Sun, Sung Jun dan Yu Ri. Ini tentang kewanitaan, tentang kehidupan para wanita pekerja di kantor. Nonton drama ini jujur membuat aku sedikit flashback ke awal-awal aku baru kerja di kantor yang buat aku sedikit sulit beradaptasi dengan lingkungan baru dan berpikir "sesusah inikah kerja di kantor", Dan melihat diriku yang sekarang aku jadi sadar bahwa profesional dalam bekerja itu harus, di tambah pas nonton drama ini para wanita-wanita ini sangat keren dan profesional dalam bekerja tanpa sadar buat aku jadi semangat.

Selain itu, penulis tidak melabeli segala sesuatu sebagai hitam putih. Misalnya, emosi seperti iri hati dan kecemburuan digambarkan dalam gambran yang sangat normal, sesuatu yang dialami oleh siapa pun, bahkan orang yang baik. Drama ini seakan memberitahu aku kalau melodrama juga bisa menarik dan penuh dinamika. Segala elemen dalam drama ini bercampur dengan sangat baik. Tidak hanya drama thriller saja yang bisa memainkan persepsi penonton, ternyata melodrama pun bisa. Secara keseluruhan endingnya menetramkan hati bagi kita-kita pemirsa yang sudah dibuat naik turun emosinya ketika menonton. Untuk nilai aku kasih 8/10.



You May Also Like

0 komentar

Terima Kasih telah berkunjung ke blog saya, silahkan berkomentar dengan sopan.