Empati

by - Juni 11, 2020

Sejak kerja di kantor ngga tau kenapa aku jadi gampang tersentuh melihat orang-orang yang bekerja di pinggir jalan, orang-orang yang kerjanya membawa beban berat, orang-orang yang kerjanya panas-panasan dan lain-lain. Yang intinya aku merasa kerjaan mereka ngga lebih beruntung dari kerjaan aku (padahal belum tentu). Padahal dulu aku anaknya bodo amat sekali dengan hal-hal kaya gitu, boro-boro mau berbagi punya empati aja ngga (jahat ya). Karena dulu aku merasa hidup aku susah juga jadi ngapain aku peduli sama mereka, padahal berbagi ngga harus nunggu kaya ya.




Nah dari situ aku mikir, mungkin dulu kenapa aku ngga punya rasa empati yang banyak karena hidup aku sebenernya mudah-mudah saja meskipun di atas aku bilang hidup aku susah tapi disitu aku sadar kalau aku belum sepenuhnya melihat dunia ini (sekarang juga sih) jadi hanya memandang satu sisi saja yaitu diri aku sendiri, sekarang sudut pandang aku jadi lebih luas semenjak aku kerja di kantor. Aku jadi lebih bisa mensyukuri hidup dan bisa memanusiakan manusia. Karena aku sudah merasakan lelahnya kerja, capeknya diomelin, dan mikir ternyata cari uang susah ya jadi aku lebih menghargai uang itu sendiri. Jadi rasa empati muncul dengan sendirinya misal gini aku lagi jalan ke mall terus aku sholat nih di musholla dan liat mbak-mbak yang kerja disitu sholat juga nah aku jadi melihat mbak itu ke diri aku sendiri, aku kalau lagi kerja terus sholat rasanya tuh seneng selain karena masih bisa melaksanakan kewajiban aku juga bisa istirahat dulu sebentar, mungkin perasaan mbak itu sama karena diwajahnya terlihat lelah.  


Dan karena aku sudah merasakan hidup yang masih biasa-biasa aja sampai sekarang alhamdulillah ada (lebih baik) aku jadi punya dua sudut pandang yang berbeda. Yang dulu cuma pengin sekarang alhamdulillah kalau pengin bisa tercapai. Aku jadi tau ouh rasanya jajan chatime tiap minggu tuh gini, ouh rasanya checkout shopee semudah ini tuh gini, ouh tiap bulan ngemall belanja tuh rasanya gini dan aku sudah ngga penasaran lagi. Jadi nanti kalau aku punya uang banyak aku sudah tau uangnya mau aku apain karena aku sudah pernah melakukan hal-hal yang dulu aku pengin.

Pernah waktu itu pulang kerja aku beli soto untuk makan malam lalu penjualnya nanya dan terjadi percakapan:

P: Kerja di mana mbak?
Aku: Kerja di PT.......
P: Ouh kerja di kantor iya, sebagai apa mbak?
Aku: Alhamdulillah iya, Finance officer.
P: Mbak di  sini sudah lama?
Aku: Iya mas, karena aku kuliahnya juga di sini.
P: Berarti hidup mbak enak ya, sekolah bisa sampai tinggi kerjapun kerjanya di kantor.
Aku: cuma bisa tersenyum dan menjawab Alhamdulillah.

Apa ya bukan ngga terima kalau dibilang hidup aku enak, karena yang mereka lihat ya saat ini saat hidupku sudah lumayan enak tapi kalau ingat perjuangan supaya bisa sampai sekarang ya, rasanya ngga enak dan ngga mudah. Pas abang penjual soto bilang hidupku enak aku langsung flashback pas jaman aku kuliah, di mana aku harus bangun pagi untuk ngejar bus karena jarak kosan dan kampus yang jauh..padahal kelas mulai jam 8 tapi dari setengah 5 aku harus sudah siap-siap dan itupun kadang masih terlambat ya namanya naik kendaraan umum ngga bisa diprediksi kapan bus itu datang. Dan setelah datang pun harus rela desek-desekan karena penuh dapetin tempat duduk jangan harap deh. Karena aku turun dipemberhentian terakhir jadi aku kurang lebih ada kali 1 jam berdiri di bus dan itu pulang pergi seringnya begitu (jarang dapet kursi). Jadi yang namanya capek di jalan tuh aku sudah ngerasain dan itu lelah banget dan ngga pengin lagi ngerasain itu makanya sekarang aku ngekos pun cari yang deket dengan tempat kerja.

Lalu suatu hari teman kos ku tiba-tiba bertanya, menurut mbak Fir orang yang jualan di pinggir jalan itu pasti laku ngga ya? terus ku jawab: pasti laku iya Bin, tapi pasti untung belum tentu. Koq mereka ngga kapok ya mbak Fir. Aku jawab lagi, iya karena mereka ngga punya pilihan Bin jualan itulah cara mereka mencari uang, kalau kayak kita kan punya kemampuan jadi bisa PD melamar ke sebuah perusahaan. Gimana ya mbak Fir, aku kadang ngga tega sama orang yang jualan di pinggir jalan gitu apalagi kalau yang jualan bapak-bapak tua, tapi mereka begitu lagi cari uang. Mbak-mbak kasir di transmart begitu juga lagi cari uang, atau spg-spg yang nawarin-nawarin produk yang kadang boro-boro diterima tawarannya yang ada malah langsung dikasih maaf, mereka juga cari uang. Macem-macem banget ya mbak Fir cara orang cari uang dan bener kata mba Fir mereka begitu karena mereka ngga punya pilihan, bukan berarti pekerjaan itu yang mereka mau. Pekerjaan yang sering dianggap rendah oleh sebagian orang dan kerjanya lebih capek daripada kita yang kerja di kantor. Hmmmm ternyata aku ngga sendiri, ternyata tetangga kamar ku punya pemikiran yang sama :). Mungkin ini kali ya rasanya mulai tumbuhnya rasa empati karena hidup kita alhamdulillah diberi sedikit kemudahan. Maka dari itu aku selalu berdo'a untuk diberi kemudahan rejeki bukan semata-mata buat diriku sendiri tapi agar bisa juga berbagi untuk sesama. Karena ketika kamu punya uang dan kamu ingin beramal kamu hanya butuh niat lain halnya kalau kamu pas-pasan ketika mau beramal kamu butuh niat dan uang.




Credit Pictures from Pinterest

You May Also Like

0 komentar

Terima Kasih telah berkunjung ke blog saya, silahkan berkomentar dengan sopan.