5 Akun Instagram Favorite untuk menemani Self Quarantine

by - Juni 07, 2020

Hallo semuanya,  hari ini tanggal 23 Mei 2020 atau tepat pada hari terakhir dipenghujung puasa tahun 1441H berarti alhamdulillah kita umat muslim InsyaAllah sudah bisa merayakan hari kemenangan a.k.a lebaran. Sampai saat ini kita masih di minta untuk melakukan self quarantine, jadi sebulan penuh kali ini kita benar-benar di rumah aja tanpa buka puasa bareng temen di luar, berburu takjil, terawih berjamaah di masjid dan beberapa kebiasaan ramadan yang hilang, mungkin ini kali ya rasanya puasa di negara yang muslimnya minoritas not feels like ramadan. Nah selama di rumah aja untuk menghilangkan rasa bosan itu sebenernya bisa dilakukan dengan banyak cara karena kemajuan teknologi dan smartphone dalam genggaman kita bisa mengakses apa saja dari handphone. Kita bisa cari hiburan, menambah ilmu, mencari wawasan baru atau belajar skill baru melalui internet. Nah untuk aku sendiri lebih suka menghabiskan waktu selama self quarantine dengan scrolling Instagram. Nah berikut 5 akun instagram favorite yang cocok untuk menemani self quarantine.






1.ZAP Finance

ZAP finance merupakan akun instagram dengan niche keuangan. Di akun ini penjelasan tentang pos-posan keuangan sangat detail dan mudah dipahami untuk orang awam. Karena dasarnya aku kuliah ekonomi sebenarnya aku ngga buta-buta amat sih tentang financial planner karena pas kuliah pun kita memang belajar hal itu. Tapi ZAP Finance benar-benar membantu dan favorite aku banget sih. Berbeda dengan akun sebelah yang terkesan selling fear, kalau di ZAP finance ini benar-benar realistis bahkan akun ini memberi contoh dengan misal pendapatan gaji dari yang mulai 8jt, 5jt, atau bahkan UMR dan masing-masing pendapatan itu ada metode pembagiannya sendiri.

Untuk masalah dana darurat dan investasi namanya akun financial planner sudah pasti dibahas di sini, dan tentunya dengan penjelasan yang sangat mudah dipahami tanpa memberi kesan takut justru mengingatkan kita kalau dua hal di atas itu penting. Di ZAP finance juga membahas sampai ke hal-hal seputar kebutuhan cewek yaitu make up dan skincare kalau semua itu harus ada budgetnya bukan berarti tak boleh cantik atau perawatan tapi kita harus pintar-pintar mempos-poskan untuk hal itu karena termasuk kebutuhan :). Selain membagikan anggaran berdasarkan gaji ZAP finance juga  membagikan cara mengatur keuangan untuk anak kos. Dan setiap minggu ZAP finance juga buka semacam konsultasi terhadap masalah keuangan followersnya, kita bisa kirim masalah ekonomi yang kita hadapi dengan format pendapatan, asset,  utang dan tujuan financial yang ingin kita capai nanti ZAP finance akan kasih review dan tentunya solusi. Bahkan pada saat pandemi seperti ini ZAP finance juga berbagi tips gimana cara mengatur keuangan di situasi yang kurang stabil ini, Keren deh pokoknya.





2. Ayudiahrespatih

Kalau akun dari mba Ayudiahrespatih adalah akun dengan niche masakan/baking. Sebenarnya akun mba Ayu ini lebih sering share resep baking sih daripada masakan jadi kalau kalian benar-benar cari inspirasi menu harian aku saranin ke akun @Xanderskitchen. Sebagai penggemar makanan manis aku kalau lagi scrolling instagram mba Ayu tuh rasanya langsung pengin praktek deh karena memang resep-resepnya simple, bahan-bahanya juga mudah dan tetap terlihat enak, sayang sampai sekarang belum pernah praktek satu resep pun dari mba Ayu ini.

Dan yang aku suka lagi dari mba Ayu adalah dia sedikit berbeda dalam membuat konten, kalau akun makanan lain hanya pasang foto/video saja lalu dikasih caption berupa resep dan cara membuat tapi kalau mba Ayu ini kreatif banget dia bikin kontennya berupa IG tv dengan dubbing suara dia yang bagus banget (good voice) cocok jadi penyiar radio deh suaranya, lembut banget. Dan setiap videonya di awali dengan kaya gini "hai moms apa kabar, kali ini saya akan membuat......yang cara membuatnya seperti biasa gampang aja, pertama kita siapkan.......dan diakhiri dengan "gampang bukan membuatnya, selamat mencoba". Hahaha. Rasanya aku kalau sudah jadi ibu-ibu nanti tetap ingin produktif seperti mba Ayu ini sih, bisa bermanfaat buat orang lain, bisa menggunakan kemajuan teknologi untuk berbagi dengan skill yang dia punya. Aamiiin.



3.Retno Hening

Akun Retno Hening atau Ibu dari Kirana dan Rumaysa rasanya sudah banyak yang tau dan jadi banyak favorite, bukan favorite ibu-ibu saja karena menjadi inspirasi dalam gaya parentingnya tapi hampir semua kalangan termasuk aku. Aku suka akun dari Ibok ini karena bisa buat healing, liat tingkah lucu Kirana dan Rumaysa buat aku gemes, apalagi waktu Kirana masih kecil hampir tiap malem sebelum tidur aku liat instagramnya Ibok yang tanpa sadar bisa jadi pelipur lara. Gimana ya liat anak sekecil Kirana tapi sudah punya perasaan yang sangat peka, tulus, dan bisa dengan gampang ngungkapin perasaan kalau dia sayang dan ngga mau kehilangan ibunya yang kadang kita orang gedepun susah melakukan itu karena ngga terbiasa dari kecil untuk bilang sayang ke orang tua. Bahkan ada satu video disitu Kirana nangis dia bilang kalau ngga mau ibunya jadi tua, karena nanti kalau ibunya jadi tua dia akan berpisah dengan ibunya seperti keadaan ibunya Kirana yang saat ini berpisah dengan neneknya, dengan mata berkaca-kaca dan tingkat polosnya anak kecil. Aduuhhh hatiku tersentuh :).

Ibok pernah cerita kalau awal mula upload video-video Kirana di Instagram  adalah untuk ngasih tahu perkembangan Kirana kepada keluarganya yang ada di Indonesia karena ada perbedaan waktu jadi Ibok berpikir untuk membagikan videonya di Instagram saja jadi kalau keluarga pengin lihat tinggal buka instagram eh tanpa disangka video-video tersebut menarik perhatian netizen sehingga membuatnya gained followers dan dikenal banyak orang. Karena gaya parenting yang dinilai bagus dan banyak orang ingin tahu lebih dalam gimana sih cara ibu didik Kirana, makanan apa yang dikonsumsi selama hamil dan amalan-amalan lain. Akhirnya banyak orang menyarankan Ibok untuk menulis buku saja dan hal itu terrealisasikan dengan buku yang berjudul "happy little soul".  Ibok sendiri membagikan video-video Kirana lumayan lengkap mulai dari nyanyi bareng Kirana, belajar masak, belajar mengaji, membaca buku, belajar bahasa inggris karena Kirana tinggal di luar negeri yang otomatis jika sekolah menggunakan bahasa internasional tanpa melupakan bahasa daerah tentunya,  gimana cara  Kirana bersosialisasi dengan teman-teman, dan tingkah lucu Kirana yang sedari kecil sudah dibiasakan bilang ''tolong, minta maaf, dan terimakasih".

Karena sering scrolling instagramnya ada 4 poin yang aku dapet yang dilakukan Ibok Retno Hening dalam menjalankan pola asuh anak.

1. Mengasuh anak sama seperti ibu kebanyakan

Yang artinya sama seperti ibu-ibu lainnya, ibu Retno Hening juga ingin membesarkan anak dengan melakukan yang terbaik untuk anak meskipun banyak sekali kekurangan. Yang terpenting memberikan contoh yang baik ke anak, karena anak lebih cepat belajar dari apa yang dia lihat dari pada apa yang diajarkan.

2. Bersikap sabar

Tantangan yang cukup berat menjadi seorang ibu adalah bisa tetap sabar ketika lelah. Sabar adalah kunci menghadapi tantangan sebagai seorang ibu dalam membesarkan anak-anak.

3. Ibu sebagai "sekolah" pertama anak

Ibu adalah sekolah pertama bagi anak, sehingga ketika ibu mengambil perannya dengan sangat baik sebagai "sekolah" pertama bagi anak, maka pertumbuhan anak juga akan baik. Dari ibu anak belajar banyak hal untuk pertama kali, dari ibu juga anak ditanamkan nilai-nilai kebaikan.

4. Jangan lupa bekerja sama dengan suami

Libatkan suami dalam hal pola asuh anak sehingga suami dan istri bisa saling bekerja sama dalam membesarkan anak-anak.





4.Cerita Vanilla

Cerita Vanilla adalah  sebuah akun dari pemilik brand hijab @Vanillahijab yaitu Atina. Berbeda dengan founder pemilik brand lain yang punya akun instagram pribadi, Atina memilih untuk tidak membuat akun pribadi tapi memilih untuk membuat akun @Ceritavanilla yang isinya adalah cerita gimana prosesnya dia bisa membangun online shop hijab hingga terkenal kaya sekarang dan akun itu memang di pegang dan dijalankan secara pribadi oleh Atina langsung.

Atina menceritakan semua secara detail di akun cerita vanilla, mulai dari gimana awalnya dia nyari kain ke toko-toko kain yang ada di Mayestik dan Thamrin City, nyari penjahit yang pas sesuai dengan kriteria dia, kena tipu dan rugi hampir 20jt, cara promosi di Instagram, tips dapetin followers yang tertarget,  teknik foto, dan perjuangan dia untuk tetap menyelesaikan kuliah sambil menjalani bisnis vanilla hijab ini. Dan dia juga cerita kalau dia merelakan kuliahnya di ITB karena sakit, lalu sampai Jakarta dia harus dirawat di rumah sakit dan pas pulang pun dia harus tetap duduk di kursi roda, sampai dia merasa hidupnya ngga berguna lagi. Gimana dia bisa bersaing dengan orang-orang untuk bisa bekerja dan bermanfaat untuk sekitar. Dulu dia kuliah di ITB jurusan teknik perminyakan, sebuah kampus dan jurusan yang sangat bergengsi bahkan Atina sendiri bilang belum lulus aja (waktu itu dia baru semester 6) sudah ditawarin kerja diperusahaan Internasional dengan gaji dollar tapi Allah punya rencana lain dan memberi dia sakit. Nah pas sakit inilah ide untuk jualan muncul karena dia merasa sudah ngga bisa kerja sama orang lagi dengan keadaan yang begitu, yang awalnya cuma iseng, ngga ngerti cara jualan, ngga ngerti desain ternyata Vanilla hijab banyak peminatnya dari situ  Atina mau melanjutkan kuliah di Jakarta dengan jurusan Ekonomi dan Bisnis yang sangat jauh berbeda dengan jurusannya dulu.

Baca-baca postingan di @ceritavanilla membuat aku berpikir bahwa semua yang besar dimulai dari yang kecil dan tidak ada kesuksesan yang mudah. Menyadari bahwa hidup memang keras, tidak adil menurut kita tapi tentu adil menurut Allah. Pernah sekali waktu aku drop banget dengan keadaanku saat itu, apa ya hidup rasanya sulit aja waktu itu aku merasa ngga bisa berbuat apa-apa untuk merubah  keadaan hidupku yang saat itu ngga aku ingini dan cuma bisa menangis. Entah itu masalah di kerjaan yang rasanya aku sudah ngga kuat banget dan ingin mengakhiri tapi aku cuma bisa bertahan, masalah perkuliahan, dan masalah-masalah lain. Nah dari baca-baca postingan @Ceritavanilla inilah kadang aku menemukan kembali semangat, bahwa semuanya perlu usaha dan tidak mudah.

Vanilla hijab sendiri merupakan inspirasi bagi aku sih, karena suatu hari aku benar-benar pengin jualan hijab dengan brand aku sendiri dan bisa sesukses Vanilla Aamiiin. Saat ini aku juga lagi ada pegangan online shop nah ilmu yang Atina share di @ceritavanilla tentang cara jualan online juga sedikit-sedikit aku terapin dan ada yang bekerja dengan baik, mungkin karena niche jualan kita berbeda ya, (aku jualan makanan) jadi ada beberapa tips yang ngga pas kalo aku terapin di jualan aku.





5. Hanan_Attaki

Terakhir adalah akun dari Ust Hanan_attaki, setelah dari tadi semua akun yang aku share adalah tentang duniawi sebagai penyeimbang, aku juga scrolling akun dari ust hanan_attaki sebagai pengingat aku juga tentang akhirat. Supaya hidup lebih sering mengucap syukur dan alhamdulillah. Sesuai dengan tagline dari akun ini yaitu #1minutebooster, isi postingan yang hanya satu menit itu diharapkan memberi booster untuk iman kita. Aamiin.






Meskipun lebaran kali ini sangat berbeda dengan lebaran-lebaran sebelumnya semuanya tetap harus disyukuri karena dengan kemajuan teknologi kita tetap bisa melakukan video call bersama keluarga atau pacar mungkin, silahturahmi online bersama teman via zoom. Tapi tetap namanya jauh ada rasa yang kurang atau dikangenin ya, kalau aku yang paling dikangenin pas hari H lebaran adalah makan ketupat di rumah tante dan kumpul sama sepupu-sepupu. Meskipun di rumah sudah makan ketupat, tapi kalau sudah sampai ke rumah tante tuh kaya kumpul semua disitu istilahnya jadi basecamp lah, terus kita kumpul semua sama sepupu-sepupu yang lama udah ngga ketemu, bagi-bagi thr sama ponakan terus foto-foto deh. Dan lebaran kali ini moment itu akan hilang. :(. Mudah-mudahan kita semua bisa dipertemukan dengan ramadan dan lebaran tahun depan lengkap dengan orang tersayang dan kondisi yang lebih baik. Aamiin.


You May Also Like

0 komentar

Terima Kasih telah berkunjung ke blog saya, silahkan berkomentar dengan sopan.