What's Your MBTI Type?

by - Mei 15, 2020

Whats your MBTI type?. Dan apa itu tes MBTI ?. Aku tau tentang tes MBTI dari Gitasav, karena dia menulis di Bio instagramnya dengan keterangan "INFJ" awalnya aku ngga penasaran, terus karena sering nonton konten-kontennya di Youtube aku jadi tahu kalau dia itu seorang yang Introvert, karena di video-video itu dia sering cerita kalau Gita ini orang yang males ketemu orang, jika sesudah bersosialisasi tenaga rasanya habis, suka mengamati kejadian-kejadian di sekitar dan ciri-ciri kepribadian Introvert lainnya. Aku jadi tahu kalau INFJ adalah tipe kepribadian Gita dari hasil tes MBTI nya yang "I" nya artinya adalah Introvert. Dari ciri-ciri yang Gita punya aku berpikir apakah aku seorang yang Introvert juga karena mirip-mirip juga dengan apa yang aku rasain. Meskipun sebelum tes aku yakin banget kalau hasilnya akan Introvert, karena aku bukan tipe orang yang mudah memulai obrolan ketika ketemu orang baru, dan Ansos parah.



Aku bisa menghabiskan full weekend di kosan tanpa merasa bosan atau sepi sampai kadang teman kos aku tuh bingung koq bisa aku seharian di kamar aja tanpa ada rasa bete dan ingin pergi keluar untuk menghilangkan rasa sepi itu. Karena pada dasarnya aku anaknya emang males keluar dan bukan berarti kalau aku ngga ke mana-mana aku ngga produktif, karena ketika aku di kamar yang tenang aku bisa banyak melakukan kegiatan yang aku suka seperti nonton film, browsing-browsing banyak hal yang belum aku tahu, dengerin podcast, masak, nulis dan lain-lain  yang rasanya dua hari ngga cukup. "If you enjoy the time you wasted, then it's not a waste of time". Tapi ya tetep kadang aku keluar untuk merefresh pikiran sejenak, ngga harus pergi yang jauh atau gimana kadang hanya keluar untuk belanja bulanan aja sudah cukup. Dan untuk perginya pun aku kadang ngga perlu teman yang menemani, jalan sendiri pun ayo dan lebih nyaman. (Ini mah karena sudah terbiasa sendiri aja sih kayaknya)

Dan bener aja dua kali tes hasilnya dua-duanya Introvert. Aku sebenernya tes MBTI sudah lama yaitu sekitar tahun 2017, Iya sudah lama sekitar tiga tahun lalu dan aku belum mau untuk tes MBTI ulang mungkin nunggu beberapa tahun lagi, karena ada yang bilang hasil tes MBTI seseorang bisa berubah seiring berjalannya waktu karena pemikiran orang yang sudah semakin dewasa.  Aku merasa sayang aja kalau hasil MBTI aku  ngga ada di blog. Tes yang pertama hasilnya ISTJ-A dan hasil yang kedua ISFJ-A, ngga beda jauh cuma beda di "Thinking dan Feeling" aja, dan aku anggap tipe MBTI aku adalah yang ISFJ-A karena pas tes MBTI pertama aku jawabnya terlalu terburu-buru dan pengin cepet habis aja menjawab pertanyaan yang cukup banyak itu.




ISTJ.

Seorang ISTJ dikenal sebagai pendiam yang setia. Termasuk setia mengikuti aturan atau prosedur yang sudah dibuat. Mereka tak mau melanggar sekaligus tak bisa lebih fleksibel ketika mengikuti sebuah aturan.

Dalam mencapai target atau menyelesaikan pekerjaan, seorang ISTJ bisa  bekerja dengan kecepatan yang stabil karena mereka mampu fokus pada satu hal dengan baik. Natalie Portman, Angela Merkel merupakan beberapa tokoh terkenal yang memiliki kepribadian ISTJ.






Hasil tes pertama menunjukan hasil kalau aku ISTJ-A masuk dalam kategori Assertive Logistican dan digambarkan sebagai seorang yang Confident Individualism, memiliki karakter yang suka berpikir logis, berintegritas dan memiliki rasa tanggung jawab yang tinggi. Waaaw terlihat keren ya, lalu apakah benar aku memang seperti itu. Sebagian hasil analisanya benar tapi sebagian juga ada yang ngga pas.

ISFJ

Seorang ISFJ dalam keseharian tampak pendiam, tapi ia adalah pengamat yang baik, bisa sangat teliti memerhatikan hal-hal yang ada di sekitarnya. Tipe kepribadian MBTI ini selalu berusaha keras untuk menciptakan lingkungan yang teratur dan harmonis, baik di tempat kerja maupun di rumah.

Seorang ISFJ menyukai tradisi atau hal-hal yang terstruktur dan juga memiliki keinginan untuk selalu melakukan kebaikan. Kemurahan hatinya membuatnya disebut pula sebagai pembela. Tokoh terkenal dengan kepribadian ISFJ di antaranya Beyonce dan Vin Diesel.

Dari penjelasan singkat untuk kedua tipe kepribadian ISTJ dan ISFJ aku memang lebih merasa condong ke ISFJ sih meskipun dari ISTJ juga aku masih ada beberapa yang mengiyakan salah satunya aku tipe orang yang sebisa mungkin menghindari konflik dan taat aturan intinya males ribut sih hehehe. Dan kelemahan yang aku rasain dari orang nurut banget sama peraturan atau hal-hal yang sudah terstruktur adalah aku susah menerima perubahan kalau aku sudah nyaman di suatu tempat dan harus pindah adaptasi jadi hal yang sulit buatku meskipun aku menginginkan tempat baru itu sendiri.

MBTI singkatan dari Myers-Briggs Type Indicator adalah psikotes yang dirancang untuk mengukur preferensi psikologis seseorang dalam melihat dunia dan membuat keputusan. MBTI dikembangkan oleh Isabel Briggs Myers sejak 1940. Psikotes ini dirancang untuk mengukur kecerdasan individu, bakat, dan tipe kepribadian seseorang. MBTI merupakan instrumen yang paling banyak digunakan. Telah diperbarui dan divalidasi secara ketat selama lebih dari tujuh puluh tahun. MBTI didasari pada jenis dan preferensi kepribadian dari Carl Gustav Jung, yang menulis Psychological Types pada tahun 1921.Tujuan dari MBTI adalah membuat teori tipe psikologis dijelaskan oleh Carl Jung dapat dimengerti dan berguna dalam kehidupan manusia. Sampai saat ini tes MBTI adalah tes kepribadian yang paling banyak dipakai di dunia selain tes Enneagram. Tes ini juga dipakai untuk mengetahui karakter kepribadian karyawan perusahaan agar dapat ditempatkan pada bidang-bidang yang membuat potensi karyawan tersebut optimal. (By,Wikipedia)

16 personalities ini terdiri atas:



Dari sekilas baca udah ada yang yakin belom, kalau tipe kepribadian ini adalah "gue banget" tapi jangan yakin dulu. take the test. hasilnya cukup mengagumkan kalo kamu ngisinya jujur . Jujur gimana? ya sesuai keadaan, alias jangan terpengaruh sama image tertentu yang ingin kamu bangun. 16 jenis kepribadian yang menurut aku penjabaran karakternya lebih kompleks dari sekedar zodiak atau golongan darah dan pastinya (menurutku) lebih pas menggambarkan diri kita banget.

Di situs ini kamu bisa eksplor karaktermu lebih jauh juga lho. Ada penjelasan tentang strengths, weakness, romantic relationship, career, friendship, parenthood, workplace habit, dll. Nanti setelah kamu selesai ngisi tesnya dan hasilnya sudah keluar, kamu juga akan dikasih jabaran panjang tentang karaktermu.  Mau ngga mau kamu akan bergumam "eh iya juga ya" dan semacamnya.

Manfaat MBTI

1. Bimbingan Konseling.

MBTI sangat berguna di dunia pendidikan dan pengembangan karier. MBTI bisa digunakan sebagai panduan untuk memilih jurusan kuliah sampai dengan profesi yang cocok dengan kepribadian.

2. Pengembangan Diri.

Dengan MBTI kita bisa memahami kelebihan diri kita sekaligus kelemahan yang ada pada diri sendiri. Kita bisa lebih fokus mengembangkan kelebihan kita sekaligus mencari cara memperbaiki sisi kelemahan kita.

3. Memahami orang lain dengan lebih baik.

MBTI membantu memperbaiki hubungan dan cara pandang kita terhadap orang lain. Kita bisa lebih memahami dan menerima perbedaan. Tidak semua orang berfikir, bersikap dan berperilaku seperti cara kita berperilaku. Jadi terimalah perbedaan yang ada.

Hal-hal yang perlu Dihindari dari MBTI

1. Menjadi alasan

"Aku tidak mau berhubungan dengan banyak pelanggan dan mengurusi banyak klien sebab aku seorang introvert" Contoh di atas sebaiknya kita hindari karena sama saja kita membatasi diri sendiri. Kalau kita ingin meraih sesuatu yang besar atau kesuksesan apapun sebaiknya kita berani keluar dari zona nyaman kepribadian anda.

2. Labelling

"Dasar orang ekstrovert, sampai kapanpun kamu ngga tahu malu dan ngobrol ke sana ke mari dengan suara keras tentang aibmu sendiri" Jangan menghakimi orang (terutama kelemahannya) dan membuat batasan bahwa mereka tidak bisa merubah. Berubah memang sulit tetapi bukan hal yang mustahil.


Buat kalian yang mau tau tipe MBTI nya apa, kalian bisa kunjungi dan tes di 16personalities.com. Seru aja gitu kan jadi lebih mengenal diri sendiri, bisa mengeksplor kelebihan dan belajar dari kekurangan kita.

You May Also Like

0 komentar

Terima Kasih telah berkunjung ke blog saya, silahkan berkomentar dengan sopan.