Fun Day with Refugees Childrens (Pengalaman Volunteer Pertama)

by - Februari 02, 2020

Pernah nulis di postingan blog di bulan Desember tahun 2019 kalau salah satu resolusi aku tahun 2020 adalah pengin jadi Volunteer paling ngga sekali saja. Alhamdulillah di bulan Januari 2020 resolusi itu terwujud, makasih Ya Allah sudah menjawab Do'a ku dan karena masih di awal tahun mudah-mudahan bulan-bulan berikutnya dapat kesempatan kegiatan Volunteer lain. Dan mudah-mudahan juga Allah kabulkan beberapa resolusi ku yang lain di tahun 2020 ini,  Aamiin.

Makasih atas kesempatannya buat @kbsiberaksi (instagram) yang sudah ngasih kesempatan aku buat ikut kegiatan volunteer ini. Makasih juga buat @whenscarves yang sudah berbagi informasinya di twitter tentang acara ini, sehingga bisa langsung kontak kak Rini dan gabung di grup WA untuk ikut briefing singkat dan kenalan dengan teman-teman volunteer lain.




Acara di laksanakan pada tanggal 18 Januari 2020, setelah sebelumnya para teman-teman volunteer lain di briefing singkat melalui whatsapp group pada tanggal 16 Januari, dan diminta donasi seikhlasnya untuk membantu para anak-anak di pengungsian . Tujuan acaranya adalah kita bermain bersama dan menghibur anak-anak imigran yang mengungsi di Kalideres, mereka berasal dari Afghanistan, Iraq, Somalia, Sudan dan Pakistan. Orangtua mereka terpaksa keluar dari negaranya dikarenakan di negara-negara tersebut negara konflik jadi mereka pergi ke negara lain untuk mencari perlindungan. Untuk  komunikasi 75% anak-anak bisa bahasa Indonesia, jadi memudahkan untuk kegiatan ini. Jadi inti acara dari kegiatan ini adalah membuat handprint dari cat warna, fun games, membuat prakarya dari stick eskrim, berbagi snack dan konsumsi.

Berikut daftar nama-nama volunteer beserta job desknya masing-masing:

MC:
1. Rini
2. Rizka. IG :Ryulvina

Konsumsi:
1. Atiqah
2. Baiti
3. Wulan. IG: kanti.wulan

Energizer:
1. Rere. IG: Whenscarves
2. Azkia. IG: Azkiahaee
3. Rahmah. IG: Frahmah
4. Ipith

Perlengkapan:
1. Fajar
2. Khoirul

Dokumentasi:
1. Paras
2. Syafira. IG: Syafirapril

Fasil:
1. Tere. IG:thrsiam
2. Melisya. IG:Melisyara
3. Syarafina. IG: Syarafinasdtm
4. Dara. IG: Dararischa
5. Afri. IG: Afriyanto_subekti
6. Fira. IG: _Fiirrrr
7. Wina. IG: Winantami
8. Salsa. IG: Salsarahmalia
9. Bews






































Di tahun 2020 ini aku ingin sedikit men"challenge" diriku untuk lebih sering ketemu banyak orang baru daripada hanya rebahan saja ketika menghabiskan weekend :). Pas pertama dateng aku mikir kalau keadaan mereka menyedihkan karena ketersediaan air bersih saja terbatas, terlebih keadaan anak-anak ini yang tidak pergi ke sekolah formal. Jadi kegiatan anak-anak ini adalah belajar mengaji untuk anak usia 4-11 tahun dan yang 11 tahun ke atas mereka hanya membaca buku saja. Tapi, setelah aku berkenalan dan bermain bersama mereka mulai dari dampingin mereka bikin handprinting, membuat kotak pensil dari stick eskrim aku sadar kalau sebenarnya mereka baik-baik saja meskipun keadaan sedang tidak baik-baik saja. Justru mereka mengajari ku bagaimana caranya berbagi, sabar dan bersyukur :(. They are sweetest and most genuine kind of person. Mudah-mudahan dunia mulai membaik dan perang segera berakhir because these childrens only deserve happiness. Dan tanpa sadar kegiatan kemarin adalah salah satu kegiatan yang aku butuh.








You May Also Like

2 komentar

  1. memang dengan berbagi kita bakal bahagia

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe iya mbak. Makasih ya mbak sudah sering banget blogwalking di sini. :)

      Hapus

Terima Kasih telah berkunjung ke blog saya, silahkan berkomentar dengan sopan.