Pregnancy is Amazing {Hal-Hal yang aku rasakan selama masa kehamilan}

by - September 17, 2021

Hari ini Selasa, 14 September 2O21 di tempat aku tinggal {Tegal} cuaca hujan sedari pagi aku bangun tidur sampai sekarang sudah jam 2 siang sampai jadi muncul kabut, alhamdulillah mudah-mudahan jadi hujan yang membawa berkah daan manfaat bukan malah sebaliknya. Karena hujan seharian hawa jadi sejuk, segar, adem dan tenang meskipun bikin mager hehehe.

By: unsplash

Pas dulu aku mau menikah ada teman aku maen ke rumah, terus dia cerita-cerita pengalaman dia pada saat mau menikah sampai cerita pengalaman hamil dan melahirkan karena waktu itu dia emang baru banget melahirkan, anaknya aja baru berumur 3 bulan. Waktu dia cerita pengalaman hamilnya yang “payah banget aku dengerin dan nanggepinnya ketawa-ketawa aja, karena aku bayanginnya lucu karena waktu masih gadis dulu dia itu menurut aku orang yang strong. Lalu dia merespon lagi dengan bilang “orang hamil itu ngga cuma perutnya aja yang gede, tapi yang dirasain banyak banget. Aku juga awalnya ngga percaya dan men-suggest diri sendiri kalau pas hamil nanti akan tetap melakukan ini itu dan ngga manja, tapi nyatanya pas aku ngerasain hamil ngga semudah kelihatannya. Nanti kamu juga ngerasain”. Hmmm terus aku mikir apa iya nanti pas aku hamil akan semanja itu dan merasakan hal-hal yang kaya temen aku bilang tadi?

Dan sekarang alhamdulillah aku sedang hamil, usia kehamilan aku sudah masuk usia 27 minggu berarti sudah mau 7 bulan. Dan yang aku rasain selama hamil memang tidak sepayah teman aku dan masih bisa beraktifitas normal, makan juga enak, cuma ya tetep hal-hal yang dirasakan ibu hamil pada umumnya, aku rasain. Disini aku berujar “benar juga apa kata temen aku, kalau hamil ngga cuma perutnya aja yang gede” hehe. Sejauh perjalanan hamil yang alhamdulillah sudah memasuki fase trimester 3, yang aku rasain beda-beda semua tiap trimester, tapi yang paling berat menurut aku adalah trimester 1. Untuk lebih lengkapnya aku jabarin di bawah ya:

TRIMESTER 1

Di trimester 1 ini aku merasa payah banget, sering banget nangis, ngga bisa tidur karena ada aja anggota badan yang sakit atau pegel untung suami super pengertian dan sabar banget. Mulai dari nenangin, pijetin, usap-usap punggung tiap malem biar aku bisa tidur dan masih banyak lagi. Pokoknya angkat-angkatan pertama orang hamil aku ngga berdaya banget deh, mulai dari mual, muntah, sakit kepala/pusing, lemes, badan mudah lelah/cepat cape, sensitif, ngantukan banget, nafsu makan menghilang kalau makan harus bener-bener nunggu laper banget itupun pas makan pilih-pilih karena ngga selalu bisa makan nasi. Suami selalu bilang “paksain makan jangan cuma mikirin diri sendiri sekarang kamu sudah berdua, ada anak kita di perut kamu, jadi meskipun sambil nangis pun aku akan tetap makan ;} hahahha.

Ngga bisa buat aktifitas banget badan aku bener-bener maunya di kasur aja. Dan posisi waktu itu aku masih kerja, karena kondisi aku yang begini payahnya aku jadi sering izin ngga masuk kerja. Kalau lagi payah banget, aku nangis aja kerjanya ngeluh mulu sama suami minta pulang kampung biar deket orang tua karena di sini aku cuma berdua sama suami jadi sama-sama bingung dan ngga ngerti harus ngapain karena ini kehamilan pertama, tapi suami bilang sebentar lagi ya kita pulang selesaikan dulu urusan di sini.

Alhamdulillah bertambahnya usia kehamilan, aku sudah mulai bisa aktifitas lagi {masak, beberes, belanja} dan sudah bisa di bawa kerja, yah meskipun di kantor muntahnya tetep ngga tertahankan ya, belum kalau ngantuknya kumat, rasanya jam 11 sudah pengen nyender aja :}. Lalu memasuki usia kehamilan 8 minggu, itu bertepatan dengan bulan Ramadan. Alhamdulillah sih Dede kuat dibawa puasa meskipun banyak bolongnya, karena dari rumah sudah niat puasa pas sampai kantor kadang muntah-muntah sampai lemes banget dan aku sendiri ngga kuat, temen-temen juga lihatnya ngga tega akhirnya pada nyuruh batal.  Total selama bulan puasa hutang puasa aku jadi ada 8 hari {Bismillah yuk De, kita lunasin sebelum kamu launching}.

Pernah waktu itu malem-malem aku nangis karena ngga kuat nahan sakit, mau ke bidan saat itu juga tapi jam sudah menunjukkan pukul 11 malam akhirnya suami bilang “ini coba dibawa tidur dulu ya, besok kita langsung periksa”. Besoknya aku langsung bikin reservasi sama Bidan yang biasa aku datengin, lalu jadwal periksa aku dapat yang jam 9 malam. Yasudah pas pulang kerja aku tidur dulu karena bawaanya masih lemes banget dan masih muntah-muntah terus, pas sudah jam 8 aku dibangunin dan kita OTW. Sampai lokasi ternyata antrian panjang sekali, aku disitu sudah ngga karuan banget, sudahlah lagi lemes, masih hawa bangun tidur, terus liat antrian yang sepanjang itu aku cuma nyender aja sama suami kerjaannya.

Lalu jam setengah 11 giliran aku dipanggil untuk diperiksa, alhamdulillah sih hasilnya ngga kenapa-kenapa sama aku dan dede bayi, semuanya sehat meskipun aku udah payah banget. Bidan sampai nyaranin aku untuk diinfus atau suntik vitamin C kalau ngerasa sudah ngga kuat banget, biar aku rada segeran karena aku terlihat lemas dan pucat. Pas mau pulang bu Bidan bilang gini “Yang semangat ya bu, jangan lemes-lemes. Tuh ibu-ibu yang lain aja hamil perutnya sudah pada gede pada ceria dan semangat. Jangan dibawa beban, yang semangat demi dede bayinya”. Dalam hati aku menjawab “Yeee bu Bidan, emang aku mau apa hamil terus lemes banget gini, aku juga maunya ceria, badan enak, makan doyan, buat aktifitas juga nyaman tapi apa daya kayaknya bawaan bayi ini lebih milih buat aku ngga semangat”. Hehehe...

Terus yang tambah bikin aku nelangsa lagi adalah kalau aku lagi pengin makanan daerah yang cuma ada di kampung aku aja, mau muter ke seluruh Jakarta juga ngga bakal nemu, haduuhhh itu rasanya saat itu juga pengin pulang kampung. Yang lebih nelangsa sebenarnya suami sih, karena berusaha nyariin atau nawarin aku makanan pengganti. Ngga tau kenapa ya, pas awal-awal hamil aku malah pengin makanan yang kebanyakan ada di kampung semacam lidah aku tuh kangen sama makanan masa kecil aku, makanan jaman aku sekolah, jajanan di TPQ pas aku belajar ngaji, dan kangen bangettt sama masakan mamah. Mungkin lidah aku sudah bosan dengan makanan warung sekitar kali ya, pecel ayam, bakso, mie ayam, soto, nasi padang semuanya hambar di lidah. Sudah ngga nemu sensasi rasa enaknya lagi. Aku beneran rindu makanan kampung dan masakan mamah. Ini terbukti pas aku pulang terus makan masakan mamah, Ya Allah langsung habis, padahal biasanya aku makan ngga pernah habis meskipun porsi setengah.

By: unsplash

TRIMESTER 2

Menjalani kehamilan di trimester 2, aku sudah tinggal di kampung kumpul lagi bersama orang tua. Karena keadaan aku pas trimester 1 yang payah dan banyak maunya itu, akhirnya aku sama suami mutusin buat segera pulang kampung aja {meskipun memang sudah niat akan pulang kampung sih, tapi jadi dicepetin}. Karena pas trimester 1 aku juga banyak izin kerja dan itu bikin aku ngga enak karena terus-terusan izin akhirnya aku putusin buat resign. Karena aku mikir ternyata berat kalau lagi hamil terus masih kerja. Aku juga mikir apakah selama hamil aku akan kaya gini terus, susah makan, pusing, mual muntah dan lain-lain eh ternyata alhamdulillah ngga. Trimester 2 aku sudah mulai merasakan enaknya hamil.

Hal-hal yang aku alami di trimester 1, alhamdulillah di trimester 2 aku sudah ngga mengalami lagi. Sudah ngga ada lagi morning sickness {meskipun kadang masih suka muntah sih cuma ngga sering seminggu paling sekali}, tidur juga bisa nyenyak, dan sudah mulai bisa makan dengan enak ngga pilih-pilih makanan lagi. Aku bersyukur banget karena aku mengalami hal itu di trimester 1 aja, karena temen aku cerita dia hamil dan muntah-muntah sampai usia kandungan 7 bulan.

Tapi namanya hamil pasti ada aja yang dirasa dan tiap ibu hamil pasti beda-beda. Di Trimester 2 ini yang aku rasakan adalah gatal-gatal di seluruh tubuh, dan gatalnya tuh beda bukan kaya gatal misal kalau digigit nyamuk atau apa. Ini gatalnya bener-bener gatal yang sampai ke dalam kulit banget aku ngerasainnya, jadi kalau ngga digaruk nyiksa digaruk panas dan bikin luka.

Pas periksa kehamilan ditanya sama Bidan ada keluhan apa ngga, aku jawab “badannya pada gatal-gatal bu”. Terus bu bidan mengindikasi mungkin aku gatal-gatal karena alergi makanan, cuaca atau air. Karena emang posisi baru banget pindahan dari Jakarta ke Kampung” aku jawab dulu tiap pulang kampung juga ngga kenapa-napa bu sebelum hamil. Iya berarti ini hormon hamil biasanya akan hilang dengan sendirinya ketika sudah melahirkan nanti. Dan aku dikasih resep buat ngilangin rasa sakitnya.

By: unsplash

TRIMESTER 3

Trimester 3 ini menurut aku lebih enak lagi, karena nafsu makan yang sudah mulai membaik aku bisa makan banyak, sering dan jadi doyan ngemil. Karena kebiasaan makan yang berubah inilah berat badan aku perlahan-lahan mulai naik yang awalnya 44 kg bulan berikutnya pas nimbang naik jadi 46 kg. Dan 2 minggu kemudian aku berangkat posyandu karena memang sudah jadwalnya dan tentu nimbang lagi dong, eh baru 2 minggu BB aku sudah naik 2kg lagi jadi 48kg. Seneng banget karena baru sejauh ini aku mengalami kenaikan berat badan yang cepet, dan tentunya karena lagi hamil.

Karena perut sudah mulai membesar, di trimester 3 ini keluhan yang sering aku rasain adalah badan pada pegel-pegel. Pegelnya tuh dimulai dari betis, terus naik ke paha, pinggang, lalu punggung. Dan akhirnya seluruh badan pegel-pegel.  Tapi, alhamdulillah selama pegel-pegel ini aku berteman dengan minyak kutus-kutus dan cukup ampuh buat ngilangin pegel, I Love minyak kutus-kutus :}.

Kayaknya sekian dulu curhatan aku tentang hal-hal yang aku rasakan selama masa kehamilan. Mungkin di artikel selanjutnya aku masih mau bahas tentang kehamilan salah satunya “things i do” selama masa kehamilan. Sebenarnya diantara hal-hal “ngga enak” yang aku rasakan selama masa kehamilan, ada banyak nikmat dan enaknya jadi ibu hamil antara lain jadi lebih diperhatikan, mau apa aja diturutin/diusahain dan masih banyak lagi.

Salah satu contoh pas adeknya suami mau nikahan, namanya hajatan di kampung namanya urusan makanan masih di pegang sendiri {masih belum banyak yang pakai catering}, aku di sana niatnya ya memang untuk bantuin. Tapi pas lagi bantuin sama-sama ibu-ibu yang lain langsung dibilangin “duduknya jangan dilantai langsung ya, ini dikasih karpet. Kalau capek udahan aja, jangan dipaksain. Pas ada makanan juga diambilin pertama” dan masih banyak perhatian kecil lain yang tertuju padaku sebagai ibu hamil. Aaah senangnya jadi bumil :}.

Seiring usia kehamilan yang makin bertambah aku semakin menikmati moment kehamilan ini, malah dipikir mungkin ketika sudah lahiran nanti aku bakalan kangen sama moment ini. Karena pas awal hamil aku banyak ngeluhnya dan aku pikir jatuhnya malah ngga bersyukur, karena dalam hati aku sering bilang “Ya Allah gini banget ternyata rasanya hamil”. Sekarang aku sudah bisa nerima, entah itu sakit, pegel, atau apapun aku yakinin ke diri sendiri untuk nikmati, nanti kalau sudah hamil juga ngga lagi kan. Mudah-mudahan sakit, kelelahan, dan lainnya yang kita alami pas lagi hamil jadi ladang pahala buat kita semua ya ibu-ibu. Karena di Al-qur’an sendiri juga sudah dijelaskan kalau kelelahan dan kepayahan yang dirasakan oleh ibu hamil, sakit pas melahirkan, menyusui itu semuanya ladang pahala. Maka tinggal kitanya aja yang harus pandai dalam bersyukur. Sekian.

By: unsplash

You May Also Like

1 komentar

  1. Semangaaaat ya mba fir ;). Semoga semuanya lancaaar sampe due date nya nanti.

    Aku pas hamil termasuk yg ga ngerasain mual muntah dll. Kalo kata orang hamil kebo, ga berasa hahahaha. Enak sih jadinya, makan apa aja ga pake mual2. Tapi ada bbrp makanan yg tadinya aku doyan, jadi ga suka. Trus hamil kedua, aku malaaaaas bgt traveling. Maunya di rumah aja. Padahal pas hamil kakanya, sampe kandungan 7 bulan aja msh ke LN :D. Beda2 memang bawaan bayinya yaaa. Tapi memang semua mah dinikmati , toh pas udh lahiran, rasanya legaaa banget :D

    BalasHapus

Terima Kasih telah berkunjung ke blog saya, silahkan berkomentar dengan sopan.